Minggu, 04 Desember 2016

makalah manajemen pemasaran perusahaan



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas  rahmat,  petunjuk dan kehendak-Nya jualah sehinggah  penulis  masih diberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Tidak lupa pula  penulis panjatkan salawat  dan tazlim  atas junjungan kita  nabi besar Muhammad SAW yang merupakan teladan bagi kita semua.
Penulis menyadari bahwa tidak ada suatu yang sempurna, begitupun kiranya dalam penulisan laporan makalah ini dimana penulis menyadari penulis sebagai manusia biasa yang tak pernah luput dari kekhilafan. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima saran dan kritik yang bersifat konstruktif untuk perbaikan pada masa yang akan datang.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan makalah ini dapat menjadi suatu yang bermanfaat bagi para pembaca.
Amin….







Taluk Kuantan,   November 2016

Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar............................................................................................................. i
Daftar Isi...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang...................................................................................................... 1
1.2  Perumusan Masalah.............................................................................................. 1
1.3  Tujuan................................................................................................................... 2
BAB II SEJARAH PERUSAHAAN............................................................................. 3
2.1  Sejarah PT. Koko Jaya Prima............................................................................... 3
2.2  Strategi Perusahaan.............................................................................................. 3
BAB III KEGIATAN USAHA...................................................................................... 5
3.1  Strategi Pemasaran............................................................................................... 5
3.2  Analisis Pemasaran............................................................................................... 6
3.3  Analisa Promosi (Promotion)..................................................................... ........ 9
BAB IV PENUTUP...................................................................................................... 11
3.1  Kesimpulan........................................................................................................... 11
DAFTARPUSTAKA.................................................................................................... 12








BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang produk ataupun jasa, mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan.   Sehubungan   dengan   hal   tersebut   pelaksanaan   pemasaran modern dewasa ini mempunyai peranan yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap peningkatan laba perusahaan.
Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, strategi produk, strategi pelayanan dan sebagainya.
PT.  Koko  Jaya  Prima  Makassar  merupakan  sebuah  Dealer  Resmi Sepeda Motor Honda selain menjadi dealer resmi honda, PT.Koko Jaya Prima memberikan pelayanan lain seperti showroom, bengkel, servis, dan menyediakan suku cadang bagi sepeda motor Honda terdapat pula perubahan lingkungan dan minat konsumen yang membuat PT.Koko Jaya Prima Makassar sadar akan kebutuhan serta keinginan konsumen.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat disajikan rumusan masalah sebagai berikut :
Strategi apakah  yang paling tepat guna meningkatkan volume penjualan pada PT. Koko Jaya Prima Makassar.



1.3 Tujuan
Adapun tujuan penulisan ini yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Koko Jaya Prima Makassar.































BAB II
SEJARAH PERUSAHAAN

2.1    Sejarah PT. Koko Jaya Prima
PT. Koko Jaya Prima Makassar adalah salah satu perusahaan swasta  yang  bergerak  dalam  bidang  penjualan  kendaraan  bermotor merk Honda, bengkel resmi sepeda motor Honda, dan  penjualan suku cadang asli Honda. PT. Koko Jaya Prima didirikan sejak tanggal 16 Maret 1996 hingga sekarang masih tetap setia   melayani pelanggan sepeda motor di kota Makassar.
Adapun bidang kerja yang dijalankan oleh PT. Koko Jaya Prima adalah sebagai berikut:
1)     Sebagai Dealer resmi sepeda motor merk Honda dan melayani penjualan cash maupun kredit.
2)     Bengkel resmi sepeda motor merk Honda.
3)     Penjualan suku cadang (spare part) sepeda motor merk Honda.
4)     Bengkel Rekondisi Motor Bekas.
5)   Dealer Motor Bekas.
Unit-unit kerja tersebut didirikan seiring dengan kebutuhan dan permintaan konsumen, dimana dalam kegiatan kerja masing-masing unit secara tidak langsung, terkait satu sama lainnya. Pada awalnya kantor PT.Koko Jaya Prima berlokasi di Jl. Pengayoman Ujung Ruko Mirah Blok F1-F2 Makassar, namun seiring dengan pertumbuhan kegiatan usaha dan untuk melayani konsumen maka pada tahun 1998 kantor PT.Koko Jaya Prima di pindahkan ke Jl. Toddopuli Raya Timur Ruko Villa Surya Mas.
Dimana kantor tersebut berfungsi sebagai kantor pusat sekaligus berfungdi sebagai showroom sepeda motor merk Honda, sementara kantor lama digunakan sebgaai bengkel resmi AHASS dan rekondsi, penjualan suku cadang resmi Honda, penjualan motor bekas.

2.2    Strategi Perusahaan
Perusahaan perlu untuk memiliki strategi agar dapat mencapai visi  dan  misi  yang telah dirancang oleh perusahaan.  Strategi  dirasa penting karena dalam strategi ini lah maka perusahaan dapat memutuskan dan mengambil keputusan yang paling tepat serta strategi penting untuk menghadapi persaingan yang ada di dalam pasar. Strategi juga akan menjadi senjata penting perusahaan untuk mendapatkan pencapaian tujuan utama dari visi dan misi perusahaan. Berikut adalah strategi yang diterapkan oleh PT. Koko Jaya Prima :
1)     Melakukan    promosi    serta    mengembangkan    usaha    secara berkesinambungan agar mampu bertahan dan semakin berkembang di masa yang akan datang.
2)     Perbaikan layanan guna peningkatan kedekatan dengan pelanggan dan peningkatan lotalitas pelanggan.
3)     Perbaikan  kinerja  guna  meningkatkan  keunggulan  operasional, penguasaan teknologi, dan kemitraan

BAB III
KEGIATAN USAHA

3.1  Strategi Pemasaran
Setiap perusahaan mengarahkan kegiatan usahanya untuk dapat menghasilkan produk yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga dalam jangka waktu dan jumlah produk tertentu dapat diperoleh keuntungan seperti yang diharapkan. Melalui produk yang dihasilkannya, perusahaan menciptakan, membina dan mempertahankan kepercayaan langganan akan produk tersebut. Keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh ketepatan produsen dalam memberikan kepuasan kepada sasaran konsumen yang ditentukannya, dimana usaha-usaha pemasaran diarahkan kepada konsumen yang ditujukan sebagai sasaran pasarnya.
Dalam hal tersebut pemasaran menunjang perusahaan didasarkan pada konsep pemasaran untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang mengarahkan kepada sasaran pasar yang sebenarnya. Pentingnya strategi pemasaran bagi suatu perusahaan timbul dari luar, ketidakmampuan perusahaan dalam mengontrol semua faktor yang dibatasi di luar lingkungan perusahaan. Demikian pula perubahan-perubahan yang terjadi pada faktor-faktor tersebut tidak dapat diketahui sebelumnya secara pasti.
Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategi yang berarti seni atau ilmu untuk menjadi seorang Jenderal. Konsep strategi militer seringkali digunakan dan diterapkan dalam dunia bisnis yang mengikuti lingkungan  yang  dipilih  dan  merupakan  pedoman  untuk  mengalokasikan sumber daya dan usaha suatu perusahaan.
Fandy Tjiptono (2000:43), menyatakan bahwa : Strategi pemasaran adalah rencana yang hendak diikuti oleh manajer pemasaran. Rencana tindakan ini didasarkan atas analisa situasi dan tujuan-tujuan perusahaan dan merupakan cara untuk pencapaian tujuan tersebut”.
Dalam  pengertian  strategi  seringkali  terkandung  perencanaan merupakan proses yang berlangsung secara terus- menerus dalam suatu perusahaan.   Oleh   sebab   itu   strategi   pemasaran   dari   setiap   perusahaan merupakan rencana yang menyeluruh dimana perusahaan berharap mencapai sasaran yang telah ditentukan, yang pada akhirnya untuk merealisasikan tujuan dari perusahaan yang bersangkutan.

3.2       Analisis Pemasaran
Setelah mengumpulkan semua informasi yang berpengaruh terhadap kelangsungan ke arah lebih maju PT. Koko Jaya Prima adalah dengan memanfaatkan semua informasi tersebut ke dalam model-model kuantitatif perumusan strategi dan  sebaiknya menggunakan beberapa model sekaligus, agar dapat memperoleh analisis yang lengkap dan akurat.
1.     Analisis Deskriptif
Setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang produk ataupun jasa, mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. 
Seperti diketahui strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan paduan tentang kepentingan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan pemasaran Untuk menganalisa pemasaran PT. Koko Jaya Prima Makassar konsep yang dianggap efektif adalah dengan menggunakan konsep Marketing Mix P7, yaitu:
a.      Product  
b.     Price
c.      Promotion
d.     Place
e.      Human Resource
f.      Physical Evidence
g.     Process
Berikut uraian unsur-unsur dari Marketing Mix pada PT. Koko
Jaya Prima di Makassar sebagai berikut :


A.    Analisa Produk
Produk yang ada baik berupa barang dan jasa sampai saat ini pada PT. Koko Jaya Prima yaitu:
1)  Sepeda Motor merk Honda
2)  Bengkel resmi sepeda motor merk Honda.
3)  Suku cadang (spare part) sepeda motor merk Honda.
4)  Motor Bekas /  Motor Second
Adapun  gambaran  umum  produk  barang  dan  jasa  adalah  sebagai berikut:
1.     Sepeda motor merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit. Ada beberapa macam tipe merk motor Honda yang di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda Tiger, Honda Cbr, untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda Spacy.
2.     Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda Motor Honda pada PT. Koko Jaya Prima terbilang baik dan memadai, perlengkapan untuk service motor dan kinerja pegawai  juga  sangat  memuaskan  bagi  konsumen.  Selain  pelayanan  barang tentu  saja pelayanan  jasa juga sangat  penting,  keramahan  dan  kemampuan pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen akan membuat kepuasaan pelanggan meningkat dan akan memunculkan loyalitas dari konsumen.
3.     Suku cadang (Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan dari PT. Koko Jaya Prima. Dengan hanya menjual spare part asli motor merk Honda maka para konsumen sudah tidak lagi bingung mencari tempat atau bengkel resmi asli motor merk Honda yang menjual spare part asli motor Honda. Dilengkapi dengan beberapa sertifikat yang menunjukkan keaslian spare part juga sangat penting dan PT. Koko Jaya Prima telah mengantongi sertifikat tersebut.
4.     Used Motor Cycle (UMC) atau dalam hal ini Motor Bekas alias Motor Second. Adapun motor bekas/motor Second yang perdagangkan adalah motor yang   tidak   dapat   lagi   dibayarkan   iuran   bulanan   oleh   konsumen   yang melakukan pembelian secara kredit  atau dengan kata lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali oleh PT. Koko Jaya PrimaSemua jenis motor yang ditarik kembali telah direkondisi yang kemudian akan di jual kembali sebagai motor second. Perbandingan penjualan motor baru dan motor bekas pada PT. Koko Jaya Prima Makassar dapat dilihat jelas pada table berikut :
Data Penjualan Motor Baru Pada PT.Koko Jaya Prima 2007-2011
Tahun
Volume Penjualan
Persentase ( % )
2007
2008
2009
2010
2011
630
600
750
671
687
19.45
18.52
23.16
20.72
21.21
Jumlah
3238
100.00
Sumber : PT. Koko Jaya Prima, 2011
Tabel diatas menunjukan hasil presentase berdasarkan volume penjualan motor baru dalam lima tahun terakhir di peroleh jumlah penjualan 687 pada tahun 2011 dengan tingkat presentase tertinggi yang dicapai dalam lima tahun yaitu terjadi pada tahun 2009 sebesar 23.16 % unit.
Tabel 5.2. Data Penjualan Motor Bekas Pada PT. Koko Jaya Prima 2007-2011
Tahun
Volume Penjualan
Presentase(%)
2007
2008
2009
2010
2011
600
615
590
596
625
19.83
20.32
19.49
19.69
20.65
Jumlah
3026
100.00
Sumber : PT. Koko Jaya Prima, 2011
Tabel menunjukan diatas penjualan motor bekas hasil presentase volume penjualan  dalam  lima  tahun  terakhir  jumlah  penjualan  sebanyak  625  pada tahun 2011 dengan tingkat presentase tertinggi yang dicapai dalam lima tahun terakhir yaitu terjadi pada tahun 2011 sebesar 20.65 % unit.
Melihat  perbandingan penjualan  motor baru menunjukkan antara  2007 sampai 2008   terjadi penurunan. Kemudian meningkat pada tahun 2009 dan mengalami  penurunan  pada tahun 2010  sampai  2011  penurunan  ini  terjadi karena  konsumen  tidak     hanya  berpatokan  pada  penjualan  motor  baru melainkan juga banyak peminat pada motor  bekas.Perkembangan motor bekas sangat meningkat pada tahun 2011 di karenakan kualitas pada motor bekas seperti layaknya motor baru dan harga terjangkau pada masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah yang juga memiliki keinginan untuk bisa mempunyai sepeda motor sendiri. PT. Koko Jaya Prima penjualan motor rekondisi ini bisa efektif dan efisien guna untuk membantu masyarakat kurang mampu dapat meningkatkan pendapatan dan penjualan motor bekas serta melakukan pengembangan usaha secara berkesinambungan agar mampu bertahan dan berkembang dimasa yang akan datang.

3.3   Analisa Promosi (Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Koko Jaya Prima dalam meningkatkan jumlah penjualannya, yaitu:
1.     Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada informasi tentang keunggulan PT. Koko Jaya Prima yang disusun rangkaian kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang untuk datang ke PT. Koko Jaya Prima untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel PT. Koko Jaya Prima.
Adapun kegiatan periklanan  yang dilakukan oleh PT. Koko Jaya Prima dengan berbagai macam cara di antaranya melalui media cetak seperti surat kabar, maupun media luar ruangan seperti baliho dan spanduk.
2.     Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang dilaksanakan oleh PT. Koko Jaya Prima bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik dan lain sebagainya dengan demikian masyarakat luas akan lebih banyak mengenal dan mengetahui PT. Koko Jaya Prima.
3.     Personal Selling
Aktivitas promosi personal selling yang dilakukan oleh PT. Koko Jaya Prima dengan memberikan pelayanan terbaik dan keramahan kepada pelanggan yang datang ke PT. Koko Jaya Prima.
Menurut   Lingga   Purnama   (2003:111)   dalam   buku   Strategi Marketing Plan, The Moment Of Truth adalah titik kritis pertemuan pelanggan  (konsumen)  dan  pemberi  layanan  (karyawan  PT.  Koko  Kaya Prima).   Pada   pertemuan   interaktif   karyawan   PT.   Koko   Jaya   Prima memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen di PT. Koko Jaya Prima.

4.     Pameran
Kegiatan  pameran  sangat  diperlukan  untuk  lebih  banyak memberikan   informasi   kepada   masayarakat   konsumen   dalam   pasar domestik.  PT.  Koko  Jaya  Prima  sering  ikut  serta  dalam  tiap  kegiatan pameran di Mall dan Pusat keramaian, selain itu juga dalam setiap festival- festival   yang   menyediakan   stand   untuk   produk   perusahaan   yang memberikan dana sebagai sponsorship, dengan ini akan lebih dekat dengan masyarakat secara langsung, karena itu dirasa sangat penting untuk mengadakan pameran ini. Promosi pemasaran akan sukses dan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan biaya memadai dan teknologi.









           













BAB IV
PENUTUP

4.1    Kesimpulan
Berdasarkan analisis perusahaan beserta diagram cartesius dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama PT. Koko Jaya Prima adalah strategi Growth (perkembangan) dimana PT. Koko Jaya Prima dapat mengembangkan dealer dan bengkelnya dengan cara mengembangkan kemampuan tenaga pekerja serta memanfaatkan promosi yang lebih baik.
Untuk  meningkatkan  pengembangan  PT.  Koko  Jaya  Prima  maka dilakukan adalah sparepart asli dan bermutu, luas bengkel bisa mengerjakan sampai 7 motor sekaligus 17 jam,tarif bengkel maupun pembelian motor secara kredit bersaing ( lebih terjangkau bunga rendah 2,5 % ), garansi yang lebih lama dan perawatan service gratis secara berkala,  reputasi  yang  cukup  baik  dalam  pelayanan  baik  bengkel
maupun kecepatan pengiriman motor.


















DAFTAR PUSTAKA

Integrated Marketing Communication (1999 – 2000), Tony Yeshin
Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication, Kenneth E. Clow and Donald Baack
Cravens, D.W., 1996. Pemasaran Strategis, Edisi 4. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.


1 komentar: