Minggu, 04 Desember 2016

maklah din dan tamadun




Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Islam sebagai AD-Din dan Tamadun”Pada makalah ini kami banyak mengambil dari berbagai sumber dan refrensi dan pengarahan dari berbagai pihak.oleh sebab itu, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penyusunan menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih dan semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua pihak yang membaca…
           




                                                                      Taluk Kuantan,   September 2016



    Penyusun

DAFTAR ISI


Kata Pengantar............................................................................................................. i
Daftar Isi...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang................................................................................................. 1
1.2  Rumusan Masalah............................................................................................ 2
1.3  Tujuan.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................. 3
2.1  Pengertian Ad-Din........................................................................................... 3
2.2  Fungsi ad-Dīn................................................................................................... 6
2.3  Tujuan ad-Dīn.................................................................................................. 7
2.4  Pengertian Tamadun........................................................................................ 8
2.5  Etika  Kerja Dalam Budaya Melayu................................................................ 9
2.6  Pandangan Orang Melayu Terhadap Kerja............................................         11
2.7  Mata Pencaharian Orang Melayu.................................................................. 13
2.8  Pandangan Orang Melayu Terhadap Harta............................................         14
BAB III PENUTUP.............................................................................................         15
3.1  Kesimpulan.............................................................................................         15
3.2  Saran......................................................................................................          15
DAFTARPUSTAKA.........................................................................................          16


BAB  I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Islam sebagai din dan tamadun adalah salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan pada jurusan Pendidikan Agama Islam. Dalam makalah ini yang akan dibahas adalah tentang pengertian din dan tamadun. Banyak pendapat yang mendefenisikan pengertian din dan tamadun disini, diantaranya pengertian din dan tamadun menurut  E.B. Taylor (Sarjana Barat), Ibnu Khaldun (Sarjana Islam), pengertian din dan tamadun menurut kamus dewan dan KBBI serta pengertian tamadun dalam bahasa arab.
Kita mungkin baru mendengar dan mengenal istilah din dan tamadun saat kuliah, karna memang sebelumnya saya sendiri juga belum pernah mendengar istilah din dan tamadun tersebut. Jadi, agar kita dapat mengetahui apa sebenarnya itu din dan tamadun dan bagaimana defenisinya, maka pada makalah inilah kita semua akan mengetahuinya.
Walaupun banyak defenisi tentang pengertian din dan tamadun ini, namun pada hakikatnya semuanya sama, yaitu din dan tamadun adalah peradaban, kebudayaan dan kemajuan.










1.2   Rumusan Masalah
1.       Apa Pengertian Din. ?
2.       Apa fungsi Din. ?
3.       Apa Tujuan Dīn.?
4.       Apa Pengertian  tamadun ?
5.       Bagaimana Asal-usul tamadun ?
6.       Dari mana  Sumber-sumber tamadun ?
7.       Apa Ciri-ciri masyarakat yang  bertamadun ?

1.3  Tujuan
1.       Memberikan pengetahuan tentang pengertian Din dan tamadun.
2.       Mempelajari bagaimana asal-usul tamadun dan dari mana sumber-sumbernya.
3.       Agar mahasiswa dapat mengetahui ci-ciri masyarakat yang bertamadun.

 



 

 


 


 



 



BAB II
PEMBAHASAN


2.1   Pengertian Ad-Din

Menurut bahasa Indonesia al-dīn diartikan dengan “agama”. Sedangkan term al-dīn secara redaksional dalam bahasa al-Quran, identik dengan term millah..Ad-Din atau "Agama" yang juga berasal dari asal kata "da ya na" mempunyai banyak erti dalam bahasa Arab. Dari berbagai makna "dayana" ada 4 pengertian yang mempunyai hubung kait dengan agama menurut persepsi Islam:[1]
1.     Dain / Qardh bermakna hutang. Dalam hal ini ia berkait rapat dengan kewujudan manusia yang merupakan suatu hutang yang perlu dibayar (lihat Surah Al-Baqarah ayat 245), manusia yang berasal dari tiada kemudian dicipta dan dihidupkan lalu diberi berbagai nikmat yang tidak terhingga (wa in ta waddu). Sebagai peminjam, manusia sebenarnya tidak memiliki apa-apa, akan tetapi Pemilik sebenar adalah Allah S.W.T, manusia hanyalah diamanahkan untuk dipergunakan dalam ibadah. Oleh kerana tidak memiliki apa-apa, manusia tidak dapat membayar hutangnya maka satu-satunya jalan untuk membalas budi adalah dengan beribadah, dan menjadi hamba Allah yang mana adalah tujuan daripada penciptaan manusia(Surah Adz-Dzariyaat ayat 56).
2.     Maddana juga berasal dari kata dana, dari kata ini lahirlah istilah madinah dan madani, maddana yang bermakna membangun dan bertamaddun, oleh itu madinah dan madani hanya boleh digunakan untuk masyarakat yang beragama dan bukannya masyarakat atheis dan sekular. Dari pengertian ini juga seseorang manusia itu perlu melihat ianya berhubung kait dengan konsep khilafah dimana manusia telah diamanahkan oleh Allah sebagai khalifahNya di muka bumi ini dengan tujuan untuk memakmurkan bumi dan membangun tamadun yang sesuai dengan keinginan Allah(Surah Al-Qasas:5, Surah An-Nuur:55).
3.     Perkataan dana juga mempunyai erti kerajaan (judicious power). Konsep ini sangat berkaitan dengan Tauhid Uluhiyah yang merupakan perkara paling penting dalam aqidah umat Muslim. Seseorang itu tidak diterima imannya dengan hanya percaya kepada Allah sebagai Rabb akan tetapi ia hendaklah beriman kepada Allah sebagai Ilah. Ini bermakna Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patut disembah, ditaati, Dialah Penguasa dan Raja. Tauhid Uluhiyah ini yang dapat membezakan musyrikin dengan mukminin. Dari sinilah lahirnya Istilah Al-Hakimiyah dimana seoarang Muslim harus menerima Syariat Allah dan tidak boleh tunduk kepada undang-undang buatan manusia. Kerana Allah Yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui telah menetapkan hukum syariah yang sesuai untuk manusia untuk ditegakkan dan dipatuhi(Surah Yusuf:40,Surah An-Nisaa’:65).
4.     Pengertian yang lain ialah kecendrungan (inclination). Sudah menjadi fitrah manusia diciptakan mempunyai kecendrungan untuk percaya kepada perkara yang supernatural, percaya adanya tuhan yang mengatur alam semesta dan kuasa ghaib disebalik apa yang dicerna oleh indera manusia. Inilah yang dinamakan Din Ul Fitrah (Surah Az-Zukhruf:9, Surah Ar-Rum:30) Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia dan seorang bayi itu lahir sebagai seorang Muslim.[2]

Dari beberapa definisi / maksud ad-Din menurut Islam seperti yang telah diterangkan diatas, maka jelaslah agama menurut sudut pandangan Islam sangat berbeda dengan persepsi Barat, agama dalam Islam adalah cara hidup, cara berfikir, berideologi, dan bertindak. Agama meliputi sistem-sistem politik, ekonomi, sosial, undang-undang dan ketata-negaraan. Agama berperanan besar dalam membentuk peribadi insan yang kamil disamping juga membentuk masyarakat yang ideal, agama menitik beratkan pembentukan moral dan kerohanian sesebuah masyarakat tetapi tidak lupa juga agama turut dapat membangunkan nilai ketamadunan dan seterusnyamembina empayar yang kukuh dan berwibawa dimata dunia. Inilah yang dinamakan agama atau Ad-Din menurut Islam, jadi apa yang dianggap agama oleh barat adalah bukan agama(tidak lengkap) dari pandangan Islam, ataupun Islam bukan hanya sekadar agama dalam pengertian Barat yang sempit.[3]
Islam berasal dari kata as la ma yang dari segi bahasa bermakna berserah diri. Ini tidak berarti setiap orang yang berserah diri dan percaya adanya tuhan termasuk dalam Islam, oleh kerana berserah diri sahaja tidak cukup untuk masuk Islam. Al-Quran menerangkan bahwa ada dua jenis berserah diri/tunduk (Surah Ali Imran:83): (a). Seluruh ciptaan Allah tunduk kepada hukum Allah dengan terpaksa dan menurut suatu kewajipan yang bersifat neutral. (b) Ada juga yang berserah diri dengan keinginan sendiri (tau’an) mereka adalah orang mukmin(Surah Al-An’aam ayat 162,163). Agama selain Islam tidak diterima oleh Allah (Surah Ali Imran:19,85)[4]

Term al-dīn merupakan bentuk mashdar dari kata dāna-yadīnu, yang secara generik tanpa memperhitungkan kata jadiannya disebut sebanyak 93 kali dalam al-Quran. Selanjutnya, term al-dīn dalam bentuk fi’il (dāna- yadīnu) dan dalam bentuk ism yang di-idhāfat-kan dengan selainnya seperti; dīnukum, dīnihi, dīnahum, dīnī terungkap dalam al-Quran sebanyak 36 kali. Dengan demikian, term-term al-dīn dan derivasinya tersebut, terungkap di dalam al-Quran sebanyak 129 kali. Mengenai term millah dalam al-Quran,baik yang di-­idhāfah-kan atau tidak, disebut 15 kali. Millah menurut bahasa sebagai sunnah (sistem) dan tharīqah (cara). Menurut al-Rāghib al-Ashfāni, pengertian millah dengan al-dīn adalah sama dan di sisi lain, ada juga perbedaannya. Dalam hal ini, ia menjelaskan secara komprehensif bahwa;
الملّة كالدين، وهو اسم لما شرع الله تعالى لعباده على لسان الأنبياء ليوصلوا به إلى جوار الله، والفرق بينهما وبين الدين أن الملّة لا تضاف إلا إلى النبي عليه الصلاة والسلام الذي تسند إليه. نحو : "فَاتَّبِعُوْا مِلَّةَ إِبْرَاهِيْمَ" ولا تكاد توجد مضافة إلى الله، ولا إلى آحاد أمة النبي ولا تستعمل إلا فى حملة الشرائع دون آحادها، لا يقال : ملّة الله، ولا يقال ملّتى وملة زيد، كما يقال دين الله زدين زيد

Artinya: Al-Millah sama dengan al-dīn, yaitu nama bagi apa yang disyariatkan oleh Allah terhadap hamba-hamba-Nya melalui para nabi guna men-dekatkan mereka kepada Allah. Antara millah dan al-dīn masih dapat dibedakan.
 Millah tidak pernah dirangkaian dengan kata selain nama nabi, seperti ittabiū millata ibrāhīma (ikutilah agama Ibrahim). Kata millah juga tidak pernah dirangkaikan dengan Allah. Kata itu hanya digunakan untuk orang-orang yang membawa syariat. Oleh karena itu, tidak pernah dikatakan millah Allah, millatī atau millah Zaid, sebagai mana dikatakan dīnullāh (dīn Allah) dan dīn Zaid.
Al-Millah yang bila dikaitkan dengan al-dīn, mengandung rumusan bahwa kedua term ini diterminologikan sebagai syariat yang bersumber dari Allah (baca; agama samawi). [5]
Upaya pendefinisian kembali pengertian al-dīn menurut perspektfif al-Quran, terlebih dahulu perlu ditelusuri aspek morfologisnya. Dalam hal ini, al-dīn berasal dari kata dayana, yadīnu kemudian dibaca dāna, yadīnu.[6]

2.2  Fungsi ad-Dīn
Antara lain ayat-ayat yang secara tematik berbicara tentang fungsi al-dīn adalah QS. al-Tawbah: 9/33; QS. al-Shaf: 61/9. Kedua ayat ini, memiliki redaksi yang “persis sama”, yakni:
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
Terjemahnya: Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.
Kedua ayat yang disebutkan ini, menjelaskan bahwa Nabi saw diutus oleh Allah bersama dengan petunjuk al-Quran dan “al-dīn” yang benar untuk mengalahkan agama-agama lain, sekalipun orang musyrik mem-bencinya.
Keterkaitan (munāsabah) kedua ayat yang redaksinya “persis sama” ini, akan dapat dibedakan interpretasinya kalau keduanya dikaitkan dengan ayat berikutnya masing-masing.  Dalam QS. al-Tawbah: 9/34, dijelaskan sifat dan sikap orang-orang Yahudi dan Nashrani yang cenderung memakan harta orang secara bathil yang dikaitkan dengan balasan dari perbuatan yang mereka lakukan. Sedang QS. al-Shaf: 61/10, membicarakan kepada orang-orang yang beriman perniagaan yang dapat menyelematkan mereka dari azb (siksa) yang pedih. Dari sini dapatlah ditemukan persamaan dan perbedaan kedua ayat tersebut. Persamaannya adalah, masing-masing menjelaskan bahwa fungsi agama adalah sebagai “الهدي” yakni petunjuk dan atau pembimbing ke jalan yang benar. Sedangkan perbedaannya adalah, terletak pada obyeknya masing-masing. Ayat pertama menonjolkan sifat dan sikap buruk orang-orang musyrik, dan ayat kedua menonjolkan sifat dan perbuatan orang-orang yang beriman. Maksudnya, orang-orang musyrik selalu berbuat buruk dan kelak mereka diazab karena keenggangannya menerima al-dīn. Sedangkan orang beriman selalu berbuat baik, misalnya dalam berniaga dan kelak mereka terbebas dari azab karena mereka menerima al-dīn. [7]
2.3  Tujuan ad-Dīn
Dengan merujuk pada term al-Islam itu sendiri, maka dipastikan bahwa ad-dīn bertujuan untuk memberi “keselamatan”, “kesejahteraan”, dan “kedamaian” yang abadi kepada penganutnya. Dalam QS. al-Nah: 16/97 Allah swt berfirman:
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Terjemahnya: Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
Dalam ayat di atas, memang tidak ditemukan kata al-dīn atau al-islām, namun kata mu’min dalam ayat tersebut menunjuk kepada “orang yang beriman kepada al-dīn yang diturunkan Allah”. Adapun tujuan al-dīn bagi pemeluknya dalam ayat tersebut adalah untuk menggapai “حَيَاةً طَيِّبَةً” dan balasan amal yang lebih baik. Untuk sampai ke tujuan ini, maka haruslah melakukan “عَمِلَ صَالِحًا” sebagaimana yang termaktub pada awal ayatnya. [8]

2.4   Pengertian Tamadun
Pengertian tamadun yang berasal dari kata Arab “maddana” yang berarti peradaban, dapat diartikan sebagai keadaan atau kondisi kehidupan bermasyarakat yang bertambah maju. Oleh karenanya, melalui Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara, berbagai fenomena yang terkait dengan kehidupan masyarakat Melayu, serta berbagai aspek yang menyertainya akan dipelajari, dikaji diteliti, dan dikembangkan oleh para peneliti baik yang berasal dari UI maupun dari luar UI.[9]

Asal-Usul Tamadun

a)     Ibnu Khaldun merupakan orang pertama yang membuat kajian khusus tentang tamadun pada abad ke-14 dalam bukunya al-Muqaddimah li Kitab al-'ibar wa Diwan al-Mabtada' wa al-Khabar fi Ayyam al-'Arab wa al-'Ajam wa al-Barbar.
b)     Beliau menggunakan kata umran sebagai tamadun yang kita fahami sekarang.
c)     Di Eropah, perkataan civilisation  mulai diungkapkan pada abad ke-18 dan mulai digunakan pada abad ke-19.[10]

Sumber Tamadun

a.    Bersumberkan kebendaan
Tamadun yang bersumberkan material atau kebendaan seperti bangunan-bangunan. Contohnya Tamadun Rom seperti Colosseum, Pantheon dan Circus Maximus.
b.   Bersumberkan akal  fikiran
Tamadun yang bersumberkan intelektual yaitu pencapaian akal fikiran yang tinggi. Contohnya karya Pythagoras (580-500 SM).
c.    Bersumberkan kerohanian
Tamadun yang bersumberkan mistik atau kerohanian.  Contohnya Tamadun Mesir dan Tamadun India.
d.   Bersumberkan wahyu
Tamadun yang bersumberkan wahyu Allah. Contohnya Tamadun Islam Berbagai hasil penelitian yang nantinya akan dihasilkan oleh Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara dapat memberikan sumbangan atau kontribusi yang signifikan bagi UI yang telah mencanangkan sebagai universitas riset yang bertaraf nasional maupun internasional.  Hal yang menarik adalah penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat multidisiplin atau interdisiplin. Untuk itulah diperlukan juga suatu dialog kritis melalui berbagai kerjasama dari berbagai pihak, baik institusi UI maupun institusi di luar UI, agar penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat bermanfaat secara pragmatis bagi pendidikan, penelitian, dan masyarakat luas yang membutuhkan wawasan kajian Tamadun Melayu Nusantara dengan benar. [11]

2.5  Etika  Kerja Dalam Budaya Melayu
Dalam kehidupan orang melayu, etika atau budaya kerja mereka telah di wariskan oleh orang tuanya secara turun menurun. Masyarakat  melayu dulunya memiliki budaya kerja yang di  sebut “ semangat kerja” yang tinggi, semangat yang mampu mengangkat harkat dan martabat kaumnya” untuk duduk sama rendah tegak sama tinggi” dengan masyarakat dan dengan bangsa lain. Sedangkan, budaya kerja masyarakat  melayu yang lazim di sebut dengan “ pedoman kerja melayu “, di akui oleh banyak ahli.  Karena hal ini sangat ideal dengan budaya kerja yang universal, terutama di dunia islam.Dengan modal “ pedoman kerja melayu” tersebut masyarakat melayu mampu membangun negri dan kampung halaman.Mereka juga mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat dan menghadapi persaingan. Orang- orang tua melayu dulu mengatakan “ berat tulang ringan lah perut  maksutnya orang yang malas kerja hidupnya akan melarat. “ sebaliknya, “ ringan tulang berat lah perut “ maksudnya adalah barang siapa yang bekerja keras, hidupnya pasti akan tenang dan berkecukupan. Di dalam untaian ungkapan masyarakat melayu di katakan  :
Kalau hendak menjadi orang 
Rajin rajin membanting tulang
Manfaatkan umur sebelum petang
Pahit dan getir usah di pantang
Kalau hendak menjadi manusia
Ringankan tulang habiskan daya
Kerja yang berat usah di kira
Pahit dan manis supaya di rasa
Kalau tak ingin mendapat malu
Ingatlah pesan ayah dan ibu
Bekerja jangan tunggu menunggu
Manfaatkan hidup sebelum layu
Ungkapan di atas, dahulunya di sebarluaskan di tengah-tengah masyarakat di jabarkan, di uraikan, dan di hayati secara keseluruhan oleh anggota masyarakat. Penyebarluasan ungkapan tersebut melalui beberapa cara seperti dalam cerita, nasihat, upacara adat, nyanyian rakyat, dll. Hal ini di lakukan agar dapat menumbuhkan semangat kerja yang tinggi, sehingga setiap anggota masyarakat mampu mencari dan memanfaatkan peluang yang ada bahkan mampu pula menciptakan usaha-usaha baru yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka masing masing. Dalam adat melayu, banyak menyerap nilai nilai agama islam , terdapat suatuungkapan yang mengatakan “ adat bersendikan syara, syarak besendikan kitabullah”.  Menurut ungkapan ini orang yang tidak bekerja , apalagi sengaja tidak mau bekerja, dianggap melalaikan kewajiban, melupakan tanggung jawab, menafikkan ajaran agama dan tuntunan adat istiadatserta mengabaikan tunjuk ajar yang banyak memberikan petuah tentang budaya kerja.sikap malas dan sikap lalai dianggap sikap tercela oleh masyarakat melayu, yang di sebut “ tak ingat hidup akan mati, tak ingat hutang yang di sandang, tak ingat beban yang dipikul “.Oleh karena itu dalam masyarakat melayu, orang yang pemalas di rendahkan oleh masyarakatnya. Itulah sebabnya orang orang tua dahulu mengatakan :
Kalau malu di rendahkan orang
Bantinglah tulang pagi dan petang
Bekerja jangan lang kepalang
Gunakan akal mencari peluang
Di dalam bekerja jangan berlengah
Manfaatkan peluang mana yang ada
Kuatkan hati lapangkan dada
Kalau tak mau hidup melarat
Carilah kerja cepat cepat
Jangan di kira ringan dan berat
Asal sesuai dengan syariat[12]

2.6  Pandangan orang Melayu Terhadap Kerja
Orang melayu yang mendasarkan budayanya dengan teras islam selalu memandang bahwa bekerjamerupakan ibadah, kewajiban dan tanggung jawab.bekerja sebagai ibadah merupakan hasil pemahaman orang melayu tehadap al-qur’an dan hadits nabi muhammad saw.  Di dalam al-qur’an mengatakan” apabila kamu telah selesai melaksanakan solat, bertebarlah kamu di muka bumi ( untuk mencari rezeki dan rahmat allah ). Pada ayat lain juga di katakan “ maka apabila telah selesai ( dari suatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh sungguh (urusan) yang lain” ( QS. Alam nasyrah : 7).[13]
Masalah budaya kerja sering kali muncul ketika kita membuat perbandingan, misalnya di antara suku-suku yang ada di indonesia, antara kaum pribumui dan non pribumi. Suku minang dan suku bugis di kenal sebagai suku suku pedagang. Dari profesi yang mereka tekuni inilah orang melihat bahwa kedua suku ini memiliki etos kerja yang tinggi. Kedua suku ini di kenal sebagai perantau di berbagai daerah,  sementara itu, bebrapa suku lainnya di indonesia di kenal mempunyai etos kerja yang rendah, sebut saja suku melayu yang di kenal atau sering di beri label stereotippemalas Pandangan serupa juga di terapkan dalam menilai antara pribumi dan non pribumi. Orang orang cina sering kali dinilai mempunyai etos kerja yang tinggi bila di bandingkan dengan penduduk pribumi. Di kalangan masyarakat melayu sendiri muncul pengakuan bahwa orang melayu belum mempunyai budaya kerja yang tinggi . pada tahun 1970, mahathir bin muhammad mengemukakannya dalam the malay dilemma yang menyoroti perihal orang melayu. Mahatir menilai orang melayu di manjakan oleh lingkungan geografisnya, yang tidak mendorong orang melayu untuk bersaing, sehingga mereka menjadi lemah dan tidak mampu bekerja keras ( luthfi dalam hitami, 2005 : 112) Pandangan yang menilai orang melayu tidak mempunyai semangat kerja dan terkesan malas tidak lah di setujui oleh semua pihak. S.H. alatas (1988) mengkritik  dengan keras tentang pendapat itu.  Alatas mengatakan bahwa  pendapat yang di kemukakan oleh orang orang tersebut, di sebabkan oleh kurangnya wawasan mereka tentang ilmu ilmu sosial dan ketidak tahuan mereka dengan sejarah melayu. Alatas menolak anggapan tentang kemalasan orang melayu, karena kemalasan adalah konsep yang relatif, yang lebih di cirikan tidak adanya unsur penting dari padanya unsur penting. Kemalasan di cirikan oleh sikap mengelak terhadap keadaan yang seharusnya memerlukan usaha dan kerja keras.[14]
2.7   Mata Pencaharian Orang Melayu
Mata pencarian masyarakat orang melayu beraneka ragam, mulai dari usaha yang bergantung kepada alam sampai pada usaha yang mengandalkan jasa. Kekayaan yang di miliki oleh bumi melayu merupakan anugrah allah, dan membuat masyarakatnya hidup dalam serba cukup. Secara geografis, mata pencaharian tradisional masyarakat bisa di bagi dalam dua kelompok, yaitu, masyarakat yang hidup di daerah daratan yang berhutan lebat, bersungai sungai dan berawa rawa dan masyarakat yang hidup di daerah pesisir yang berlaut luas.maka usaha tradisionalpun di sesuaikan dengan keadaan kedua daerah tersebut. Pada dasarnya, dahulu kedua jenis daerah ini sistem mata pencahariannya adalah dengan cara mengumpulkan bahan bahan makanan yang di sediakan alam.akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya masyarakatnya tidak bisa lagi menggantungkan kehidupannya hanya pada pemberian alam saja. Perkembangan ini lambat laun menimbulkan pula pembagian kerja secara alamiah. mereka yang hidup di pesisir akhirnya terdiri dari masyarakat taniu adan masyarakat nelayan. Dan mereka yang hidup di daerah pedalaman yang berhutan, bersungai dan berawa-rawa, dalam perkembangan kemudian lebih mengutamakan bercocok tanam dengan sistem ladang. Paling kurang, ada delapan mata pencaharian tradisional masyarakat melayu. Kedelapan pencaharian ini di sebut juga tapak lapan, maksudnya dari situlah kehidupan berpijak atau bertumpu ( hamidy, 1999 : 212). Adapun tapak delapan tersebut adalah :
a.      Berkebun , seperti membuat kebun getah dan kebun kelapa
b.     Beladang, yakni menanam padi, jagung dan sayur-sayuran
c.      Beniro, yaitu mengambil air enau lalu menjadikannya manisan atau gula enau
d.     Beternak, seperti memelihara ayam, itik, kambing, sapi dan kerbau.
e.      Bertukang, membuat rumah, sampan, tongkang dan peralatan lainnya
f.      Berniaga atau menjadi saudagar
g.     Nelayan, yaitu mengambil hasil laut atau di sungai
h.     Mendulang ( mengambil emas disepanjang sungai ) serta mengambil hasil hutan berupa rotan, damar jelutung, dan lain lain sebagainya.[15]
2.8  Pandangan Orang Melayu Terhadap Harta
Pandangan orang melayu terhadap harta benda pada umumnya sangat terpengaruh oleh ajaran islam, sehingga term-term yang di gunakan untuk mencari harta tersebut banyak mengandung simbol simbol islam. Mengenai harta benda, dalam pandangan orang melayu yang utama ialah “berkahnya dan bukan jumlahnya”. Harta yang bisa mendatangkan berkah adalah harta yang di peroleh dengan cara yang halal. Pandangan seperti ini tentu saja di pengaruhi oleh ajaran islam. Karena itulah mereka cenderung mencari harta benda untuk sekedar untuk di pakai, kalau sudah berlebih lebihan mereka khawatir menjadi siksa. Dari pandangan seperti inilah, membuat orang melayutidak melakukan penumpukan harta atau mencari harta dengan jalan yang tidak benar. Sebenarnya islam juga mengajarkan orang untuk jadi kaya, tentu saja dengan cara-cara yang benar, agar bisa membantu orang lain, baik dalam bentuk sedekah, infak, zakat dan ibadah lainnya. Dari sisi lain, orang Melayu memandang kerja bukan semata-mata untuk kepentingan hidup didunia, tetapi juga untuk keselamatan hidup diakhirat. Oleh karenannya, kerja haruslah mampu membawa peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan duniawi, selain itu juga dapat menjadi bekal hidup di akhirat. Untuk itu pekerjaan haruslah yang halal, dilakukan secara ikhlas. Dalam ungkapan orang melayu dikatakan:
Apabila kena menurut sunnah
Manfaatnya sampai ke dalam tanah
Apa bila kena menurut syariat
Berkah melimpah dunia akhirat
Apabila kerja niatnya ikhlas
Dunia akhirat Allah membalas[16]

BAB III

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

Berdasarkan pendapat-pendapat yang telah disebutkan, maka kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu : al-dīn diartikan dengan “agama”. Sedangkan term al-dīn secara redaksional dalam bahasa al-Quran, identik dengan term millah..Ad-Din atau "Agama" yang juga berasal dari asal kata "da ya na" . tamadun adalah suatu perubahan pembangunan dan kemajuan dalam setiap bidang kehidupan masyarakat yaitu dalam bentuk kebendaan (fisik), peraturan, pembangunan spiritual dari segi akhlak juga kemanusiaan dan lain sebagainya. Ia berterusan dan tidak terikat dengan sesuatu melainkan syarak. Tamadun Islam mementingkan pencapaian kedua-dua aspek kehidupan namun pembangunan spritual lebih diutamakan.

3.2  Saran

Dalam makalah ini tentunya akan ada kekurangan-kekurangan argumentasi atau mugkin terdapat kekeliruan dalam penulisan atau susunan kata-kata, oleh karena itu kritik dan saran kami butuhkan guna perbaikan berikutnya. Untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam, kami sarankan juga untuk membaca referensi-referensi lain yang terkait dengan pengaruh kebudayaan terhadap jiwa keagamaan.










DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Abdullah Darrās, al-Dīn Bairūt: Dār Mathba’ah al-Hurriyat, 1974.
 A.al-hakim Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz V Mesir: Musthāfa al-Bābi al-halabi, 1971.
Abd. Muin Salim, Jalan Lurus Menuju Hati Sejahtera, Jakarta: Yayasan Kalimah, 1999.
OIOAsad M. Alkalili, Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang: 187.
Al-Rāghib al-Ashfahāni, Mufradāt Alfāzh al-Qur’ān, Damsyiq: Dār al-Qalam, 1992.
Mukti Ali, Agama Uinversal, bandung: Badan Penerbit IKIP, 1971
Nor Hidayatu Rosman. Pengertian Tamadun Islam. Pressbooks.Pengajian
Hasbullah, Islam dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN SUSKA
Seri Kembangan. 2008 . Pemikiran dan Tamadun islam. Wanbk leo.2010.Defenisi Tamadun.2014.Tamadun Islam.  Wikipedia.
Tenas, Efendi. 1989. Ungkapan Tradisional Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Dahril, Tengku.2000. Tamadun Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Husein, Ismail, dkk.2003. Etos Kerja DalamAcuan Budaya Melayu. Jakarta: Gema Insani Press













[1] Muhammad Abdullah Darrās, al-Dīn Bairūt: Dār Mathba’ah al-Hurriyat, 1974. A.
[2]Mukti Ali, Agama Uinversal, bandung: Badan Penerbit IKIP, 1971
[3] Abd. Muin Salim, Jalan Lurus Menuju Hati Sejahtera, Jakarta: Yayasan Kalimah, 1999.
[4] Asad M. Alkalili, Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang: 187. Abd.
[5] al-hakim Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz V Mesir: Musthāfa al-Bābi al-halabi, 1971.
[6] Al-Rāghib al-Ashfahāni, Mufradāt Alfāzh al-Qur’ān, Damsyiq: Dār al-Qalam, 1992.
[7] al-hakim Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz V Mesir: Musthāfa al-Bābi al-halabi, 1971.
[8] M. Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1992.
[9] Nor Hidayatu Rosman. Pengertian Tamadun Islam. Pressbooks.Pengajian
[10] Hasbullah, Islam dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN SUSKA
[11] Hasbullah, Islam dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN SUSKA
[12] Tenas, Efendi. 1989. Ungkapan Tradisional Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
[13] . Etos Kerja DalamAcuan Budaya Melayu. Jakarta: Gema Insani Press
[14] Hasbulla, Islam dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN SUSKA
[15] Hasbulla, Islam dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN SUSKA
[16] Seri Kembangan. 2008 . Pemikiran dan Tamadun islam. Wanbk leo.2010.Defenisi Tamadun.2014.Tamadun Islam.Wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar