Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Islam sebagai AD-Din dan
Tamadun”Pada makalah ini kami banyak mengambil dari berbagai sumber dan
refrensi dan pengarahan dari berbagai pihak.oleh sebab itu, dalam kesempatan
ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang
telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penyusunan menyadari sepenuhnya
bahwa makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata
penyusun mengucapkan terima kasih dan semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk
semua pihak yang membaca…
Taluk Kuantan, September 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................. i
Daftar Isi...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1
Latar Belakang................................................................................................. 1
1.2
Rumusan Masalah............................................................................................ 2
1.3
Tujuan.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................. 3
2.1
Pengertian Ad-Din........................................................................................... 3
2.2
Fungsi ad-Dīn................................................................................................... 6
2.3
Tujuan ad-Dīn.................................................................................................. 7
2.4
Pengertian Tamadun........................................................................................ 8
2.5
Etika Kerja Dalam Budaya Melayu................................................................ 9
2.6
Pandangan Orang Melayu
Terhadap Kerja............................................ 11
2.7
Mata Pencaharian Orang Melayu..................................................................
13
2.8
Pandangan Orang Melayu Terhadap
Harta............................................ 14
BAB III PENUTUP............................................................................................. 15
3.1
Kesimpulan............................................................................................. 15
3.2
Saran...................................................................................................... 15
DAFTARPUSTAKA......................................................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Islam sebagai din dan tamadun
adalah salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan pada jurusan Pendidikan Agama
Islam. Dalam makalah ini yang akan dibahas adalah tentang pengertian din dan
tamadun. Banyak pendapat yang mendefenisikan pengertian din dan tamadun disini,
diantaranya pengertian din dan tamadun menurut
E.B. Taylor (Sarjana Barat), Ibnu Khaldun (Sarjana Islam), pengertian
din dan tamadun menurut kamus dewan dan KBBI serta pengertian tamadun dalam
bahasa arab.
Kita mungkin baru
mendengar dan mengenal istilah din dan tamadun saat kuliah, karna memang
sebelumnya saya sendiri juga belum pernah mendengar istilah din dan tamadun
tersebut. Jadi, agar kita dapat mengetahui apa sebenarnya itu din dan tamadun
dan bagaimana defenisinya, maka pada makalah inilah kita semua akan
mengetahuinya.
Walaupun banyak
defenisi tentang pengertian din dan tamadun ini, namun pada hakikatnya semuanya
sama, yaitu din dan tamadun adalah peradaban, kebudayaan dan kemajuan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa
Pengertian Din. ?
2. Apa
fungsi Din. ?
3. Apa
Tujuan Dīn.?
4. Apa
Pengertian tamadun ?
5. Bagaimana
Asal-usul tamadun ?
6. Dari
mana Sumber-sumber tamadun ?
7. Apa
Ciri-ciri masyarakat yang bertamadun ?
1.3 Tujuan
1. Memberikan
pengetahuan tentang pengertian Din dan tamadun.
2. Mempelajari
bagaimana asal-usul tamadun dan dari mana sumber-sumbernya.
3. Agar
mahasiswa dapat mengetahui ci-ciri masyarakat yang bertamadun.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Ad-Din
Menurut bahasa Indonesia al-dīn
diartikan dengan “agama”. Sedangkan term al-dīn secara redaksional dalam
bahasa al-Quran, identik dengan term millah..Ad-Din atau "Agama"
yang juga berasal dari asal kata "da ya na" mempunyai banyak erti
dalam bahasa Arab. Dari berbagai makna "dayana" ada 4 pengertian yang
mempunyai hubung kait dengan agama menurut persepsi Islam:[1]
1.
Dain
/ Qardh bermakna hutang. Dalam hal ini ia berkait rapat dengan kewujudan
manusia yang merupakan suatu hutang yang perlu dibayar (lihat Surah Al-Baqarah ayat 245), manusia yang berasal
dari tiada kemudian dicipta dan dihidupkan lalu diberi berbagai nikmat yang
tidak terhingga (wa in ta waddu). Sebagai peminjam, manusia sebenarnya tidak
memiliki apa-apa, akan tetapi Pemilik sebenar adalah Allah S.W.T, manusia
hanyalah diamanahkan untuk dipergunakan dalam ibadah. Oleh kerana tidak
memiliki apa-apa, manusia tidak dapat membayar hutangnya maka satu-satunya
jalan untuk membalas budi adalah dengan beribadah, dan menjadi hamba Allah yang
mana adalah tujuan daripada penciptaan manusia(Surah Adz-Dzariyaat ayat 56).
2.
Maddana
juga berasal dari kata dana, dari kata ini lahirlah istilah madinah dan madani,
maddana yang bermakna membangun dan bertamaddun, oleh itu madinah dan madani
hanya boleh digunakan untuk masyarakat yang beragama dan bukannya masyarakat
atheis dan sekular. Dari pengertian ini juga seseorang manusia itu perlu
melihat ianya berhubung kait dengan konsep khilafah dimana manusia telah
diamanahkan oleh Allah sebagai khalifahNya di muka bumi ini dengan tujuan untuk
memakmurkan bumi dan membangun tamadun yang sesuai dengan keinginan Allah(Surah Al-Qasas:5, Surah An-Nuur:55).
3.
Perkataan
dana juga mempunyai erti kerajaan (judicious power). Konsep ini sangat
berkaitan dengan Tauhid Uluhiyah yang merupakan perkara paling
penting dalam aqidah umat Muslim. Seseorang itu tidak diterima imannya
dengan hanya percaya kepada Allah sebagai Rabb akan tetapi ia hendaklah beriman
kepada Allah sebagai Ilah. Ini bermakna Allah adalah satu-satunya Tuhan yang
patut disembah, ditaati, Dialah Penguasa dan Raja. Tauhid Uluhiyah ini yang
dapat membezakan musyrikin dengan mukminin. Dari sinilah lahirnya Istilah
Al-Hakimiyah dimana seoarang Muslim harus menerima Syariat Allah dan tidak
boleh tunduk kepada undang-undang buatan manusia. Kerana Allah Yang Maha
Bijaksana dan Maha Mengetahui telah menetapkan hukum syariah yang sesuai untuk
manusia untuk ditegakkan dan dipatuhi(Surah Yusuf:40,Surah An-Nisaa’:65).
4.
Pengertian
yang lain ialah kecendrungan (inclination). Sudah menjadi fitrah manusia
diciptakan mempunyai kecendrungan untuk percaya kepada perkara yang
supernatural, percaya adanya tuhan yang mengatur alam semesta dan kuasa ghaib
disebalik apa yang dicerna oleh indera manusia. Inilah yang dinamakan Din Ul
Fitrah (Surah Az-Zukhruf:9, Surah Ar-Rum:30) Islam adalah agama yang sesuai
dengan fitrah manusia dan seorang bayi itu lahir sebagai seorang Muslim.[2]
Dari beberapa definisi / maksud
ad-Din menurut Islam seperti yang telah diterangkan diatas, maka jelaslah agama
menurut sudut pandangan Islam sangat berbeda dengan persepsi Barat, agama dalam
Islam adalah cara hidup, cara berfikir, berideologi, dan bertindak. Agama
meliputi sistem-sistem politik, ekonomi, sosial, undang-undang dan
ketata-negaraan. Agama berperanan besar dalam membentuk peribadi insan yang
kamil disamping juga membentuk masyarakat yang ideal, agama menitik beratkan
pembentukan moral dan kerohanian sesebuah masyarakat tetapi tidak lupa juga
agama turut dapat membangunkan nilai ketamadunan dan seterusnyamembina empayar
yang kukuh dan berwibawa dimata dunia. Inilah yang dinamakan agama atau Ad-Din
menurut Islam, jadi apa yang dianggap agama oleh barat adalah bukan agama(tidak
lengkap) dari pandangan Islam, ataupun Islam bukan hanya sekadar agama dalam
pengertian Barat yang sempit.[3]
Islam berasal dari kata as la ma
yang dari segi bahasa bermakna berserah diri. Ini tidak berarti setiap orang
yang berserah diri dan percaya adanya tuhan termasuk dalam Islam, oleh kerana
berserah diri sahaja tidak cukup untuk masuk Islam. Al-Quran menerangkan bahwa ada dua jenis
berserah diri/tunduk (Surah Ali Imran:83): (a). Seluruh ciptaan Allah
tunduk kepada hukum Allah dengan terpaksa dan menurut suatu kewajipan yang
bersifat neutral. (b) Ada juga yang berserah diri dengan keinginan sendiri
(tau’an) mereka adalah orang mukmin(Surah Al-An’aam ayat 162,163). Agama selain Islam
tidak diterima oleh Allah (Surah Ali Imran:19,85)[4]
Term al-dīn merupakan bentuk mashdar
dari kata dāna-yadīnu, yang secara generik tanpa memperhitungkan
kata jadiannya disebut sebanyak 93 kali dalam al-Quran. Selanjutnya, term al-dīn
dalam bentuk fi’il (dāna- yadīnu) dan dalam bentuk ism yang
di-idhāfat-kan dengan selainnya seperti; dīnukum, dīnihi, dīnahum,
dīnī terungkap dalam al-Quran sebanyak 36 kali. Dengan demikian, term-term al-dīn
dan derivasinya tersebut, terungkap di dalam al-Quran sebanyak 129 kali. Mengenai
term millah dalam al-Quran,baik yang di-idhāfah-kan
atau tidak, disebut 15 kali. Millah menurut bahasa sebagai sunnah (sistem)
dan tharīqah (cara). Menurut al-Rāghib al-Ashfāni, pengertian millah dengan
al-dīn adalah sama dan di sisi lain, ada juga perbedaannya. Dalam hal
ini, ia menjelaskan secara komprehensif bahwa;
الملّة كالدين، وهو اسم لما شرع الله
تعالى لعباده على لسان الأنبياء ليوصلوا به إلى جوار الله، والفرق بينهما وبين
الدين أن الملّة لا تضاف إلا إلى النبي عليه الصلاة والسلام الذي تسند إليه. نحو :
"فَاتَّبِعُوْا مِلَّةَ إِبْرَاهِيْمَ" ولا تكاد توجد مضافة إلى الله،
ولا إلى آحاد أمة النبي ولا تستعمل إلا فى حملة الشرائع دون آحادها، لا يقال :
ملّة الله، ولا يقال ملّتى وملة زيد، كما يقال دين الله زدين زيد
Artinya: Al-Millah sama
dengan al-dīn, yaitu nama bagi apa yang disyariatkan oleh Allah terhadap
hamba-hamba-Nya melalui para nabi guna men-dekatkan mereka kepada Allah. Antara
millah dan al-dīn masih dapat dibedakan.
Millah tidak pernah dirangkaian dengan
kata selain nama nabi, seperti ittabiū millata ibrāhīma (ikutilah agama
Ibrahim). Kata millah juga tidak pernah dirangkaikan dengan Allah. Kata
itu hanya digunakan untuk orang-orang yang membawa syariat. Oleh karena itu,
tidak pernah dikatakan millah Allah, millatī atau millah Zaid,
sebagai mana dikatakan dīnullāh (dīn Allah) dan dīn Zaid.
Al-Millah yang
bila dikaitkan dengan al-dīn, mengandung rumusan bahwa kedua term ini
diterminologikan sebagai syariat yang bersumber dari Allah (baca; agama
samawi). [5]
Upaya pendefinisian kembali
pengertian al-dīn menurut perspektfif al-Quran, terlebih dahulu perlu
ditelusuri aspek morfologisnya. Dalam hal ini, al-dīn berasal dari kata dayana,
yadīnu kemudian dibaca dāna, yadīnu.[6]
2.2
Fungsi ad-Dīn
Antara lain ayat-ayat yang secara
tematik berbicara tentang fungsi al-dīn adalah QS. al-Tawbah: 9/33; QS.
al-Shaf: 61/9. Kedua ayat ini, memiliki redaksi yang “persis sama”, yakni:
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ
بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ
الْمُشْرِكُونَ
Terjemahnya: Dialah yang telah
mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (al-Quran) dan agama yang benar
untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak
menyukai.
Kedua ayat yang disebutkan ini,
menjelaskan bahwa Nabi saw diutus oleh Allah bersama dengan petunjuk al-Quran
dan “al-dīn” yang benar untuk mengalahkan agama-agama lain, sekalipun
orang musyrik mem-bencinya.
Keterkaitan (munāsabah) kedua
ayat yang redaksinya “persis sama” ini, akan dapat dibedakan interpretasinya
kalau keduanya dikaitkan dengan ayat berikutnya masing-masing. Dalam QS. al-Tawbah: 9/34, dijelaskan sifat
dan sikap orang-orang Yahudi dan Nashrani yang cenderung memakan harta orang
secara bathil yang dikaitkan dengan balasan dari perbuatan yang mereka lakukan.
Sedang QS. al-Shaf: 61/10, membicarakan kepada orang-orang yang beriman
perniagaan yang dapat menyelematkan mereka dari azb (siksa) yang pedih. Dari
sini dapatlah ditemukan persamaan dan perbedaan kedua ayat tersebut. Persamaannya
adalah, masing-masing menjelaskan bahwa fungsi agama adalah sebagai “الهدي”
yakni petunjuk dan atau pembimbing ke jalan yang benar. Sedangkan perbedaannya
adalah, terletak pada obyeknya masing-masing. Ayat pertama menonjolkan sifat
dan sikap buruk orang-orang musyrik, dan ayat kedua menonjolkan sifat dan
perbuatan orang-orang yang beriman. Maksudnya, orang-orang musyrik selalu
berbuat buruk dan kelak mereka diazab karena keenggangannya menerima al-dīn.
Sedangkan orang beriman selalu berbuat baik, misalnya dalam berniaga dan
kelak mereka terbebas dari azab karena mereka menerima al-dīn. [7]
2.3
Tujuan ad-Dīn
Dengan merujuk pada term al-Islam
itu sendiri, maka dipastikan bahwa ad-dīn bertujuan untuk memberi “keselamatan”,
“kesejahteraan”, dan “kedamaian” yang abadi kepada penganutnya. Dalam QS.
al-Nah: 16/97 Allah swt berfirman:
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ
أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً
وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Terjemahnya: Barangsiapa yang
mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman,
maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan
sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik
dari apa yang telah mereka kerjakan.
Dalam ayat di atas, memang tidak
ditemukan kata al-dīn atau al-islām, namun kata mu’min dalam
ayat tersebut menunjuk kepada “orang yang beriman kepada al-dīn yang
diturunkan Allah”. Adapun tujuan al-dīn bagi pemeluknya dalam ayat
tersebut adalah untuk menggapai “حَيَاةً طَيِّبَةً” dan balasan amal yang lebih
baik. Untuk sampai ke tujuan ini, maka haruslah melakukan “عَمِلَ صَالِحًا”
sebagaimana yang termaktub pada awal ayatnya. [8]
2.4
Pengertian Tamadun
Pengertian tamadun yang berasal dari
kata Arab “maddana” yang berarti peradaban, dapat diartikan sebagai keadaan
atau kondisi kehidupan bermasyarakat yang bertambah maju. Oleh karenanya,
melalui Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara, berbagai fenomena yang terkait
dengan kehidupan masyarakat Melayu, serta berbagai aspek yang menyertainya akan
dipelajari, dikaji diteliti, dan dikembangkan oleh para peneliti baik yang
berasal dari UI maupun dari luar UI.[9]
Asal-Usul Tamadun
a) Ibnu
Khaldun merupakan orang pertama yang membuat kajian khusus tentang tamadun pada
abad ke-14 dalam bukunya al-Muqaddimah li Kitab al-'ibar wa Diwan al-Mabtada'
wa al-Khabar fi Ayyam al-'Arab wa al-'Ajam wa al-Barbar.
b) Beliau
menggunakan kata umran sebagai tamadun yang kita fahami sekarang.
c) Di
Eropah, perkataan civilisation mulai diungkapkan pada abad
ke-18 dan mulai digunakan pada abad ke-19.[10]
Sumber Tamadun
a.
Bersumberkan kebendaan
Tamadun yang bersumberkan material
atau kebendaan seperti bangunan-bangunan. Contohnya Tamadun Rom seperti
Colosseum, Pantheon dan Circus Maximus.
b.
Bersumberkan akal fikiran
Tamadun yang bersumberkan
intelektual yaitu pencapaian akal fikiran yang tinggi. Contohnya karya
Pythagoras (580-500 SM).
c.
Bersumberkan kerohanian
Tamadun yang bersumberkan mistik
atau kerohanian. Contohnya Tamadun Mesir
dan Tamadun India.
d.
Bersumberkan wahyu
Tamadun yang bersumberkan wahyu
Allah. Contohnya Tamadun Islam Berbagai hasil penelitian yang
nantinya akan dihasilkan oleh Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara dapat
memberikan sumbangan atau kontribusi yang signifikan bagi UI yang telah
mencanangkan sebagai universitas riset yang bertaraf nasional maupun
internasional. Hal yang menarik adalah
penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat dilakukan dengan pendekatan
yang bersifat multidisiplin atau interdisiplin. Untuk itulah diperlukan juga
suatu dialog kritis melalui berbagai kerjasama dari berbagai pihak, baik
institusi UI maupun institusi di luar UI, agar penelitian tentang Tamadun
Melayu Nusantara dapat bermanfaat secara pragmatis bagi pendidikan, penelitian,
dan masyarakat luas yang membutuhkan wawasan kajian Tamadun Melayu Nusantara
dengan benar. [11]
2.5 Etika
Kerja Dalam Budaya Melayu
Dalam kehidupan orang melayu, etika
atau budaya kerja mereka telah di wariskan oleh orang tuanya secara turun
menurun. Masyarakat melayu dulunya
memiliki budaya kerja yang di sebut “
semangat kerja” yang tinggi, semangat yang mampu mengangkat harkat dan martabat
kaumnya” untuk duduk sama rendah tegak sama tinggi” dengan masyarakat
dan dengan bangsa lain. Sedangkan, budaya kerja masyarakat melayu yang lazim di sebut dengan “ pedoman
kerja melayu “, di akui oleh banyak ahli. Karena hal ini sangat ideal dengan budaya
kerja yang universal, terutama di dunia islam.Dengan modal “ pedoman kerja
melayu” tersebut masyarakat melayu mampu membangun negri dan kampung
halaman.Mereka juga mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat dan menghadapi
persaingan. Orang- orang tua melayu dulu mengatakan
“ berat tulang ringan lah perut “
maksutnya orang yang malas kerja hidupnya akan melarat. “ sebaliknya, “
ringan tulang berat lah perut “ maksudnya adalah barang siapa yang bekerja
keras, hidupnya pasti akan tenang dan berkecukupan. Di dalam untaian ungkapan
masyarakat melayu di katakan :
Kalau hendak
menjadi orang
Rajin rajin
membanting tulang
Manfaatkan umur
sebelum petang
Pahit dan getir
usah di pantang
Kalau hendak
menjadi manusia
Ringankan
tulang habiskan daya
Kerja yang
berat usah di kira
Pahit dan manis
supaya di rasa
Kalau tak ingin
mendapat malu
Ingatlah pesan
ayah dan ibu
Bekerja jangan
tunggu menunggu
Manfaatkan
hidup sebelum layu
Ungkapan di atas, dahulunya di
sebarluaskan di tengah-tengah masyarakat di jabarkan, di uraikan, dan di hayati
secara keseluruhan oleh anggota masyarakat. Penyebarluasan ungkapan tersebut
melalui beberapa cara seperti dalam cerita, nasihat, upacara adat, nyanyian
rakyat, dll. Hal ini di lakukan agar dapat
menumbuhkan semangat kerja yang tinggi, sehingga setiap anggota masyarakat
mampu mencari dan memanfaatkan peluang yang ada bahkan mampu pula menciptakan
usaha-usaha baru yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka masing
masing. Dalam adat melayu, banyak menyerap nilai nilai agama islam , terdapat
suatuungkapan yang mengatakan “ adat bersendikan syara, syarak besendikan
kitabullah”. Menurut ungkapan ini
orang yang tidak bekerja , apalagi sengaja tidak mau bekerja, dianggap
melalaikan kewajiban, melupakan tanggung jawab, menafikkan ajaran agama dan
tuntunan adat istiadatserta mengabaikan tunjuk ajar yang banyak memberikan
petuah tentang budaya kerja.sikap malas dan sikap lalai dianggap sikap tercela
oleh masyarakat melayu, yang di sebut “ tak ingat hidup akan mati, tak ingat
hutang yang di sandang, tak ingat beban yang dipikul “.Oleh karena itu
dalam masyarakat melayu, orang yang pemalas di rendahkan oleh masyarakatnya.
Itulah sebabnya orang orang tua dahulu mengatakan :
Kalau malu di rendahkan orang
Bantinglah tulang pagi dan petang
Bekerja jangan lang kepalang
Gunakan akal mencari peluang
Di dalam bekerja jangan berlengah
Manfaatkan peluang mana yang ada
Kuatkan hati lapangkan dada
Kalau tak mau hidup melarat
Carilah kerja cepat cepat
Jangan di kira ringan dan berat
2.6 Pandangan
orang Melayu
Terhadap Kerja
Orang melayu yang mendasarkan budayanya
dengan teras islam selalu memandang bahwa bekerjamerupakan ibadah, kewajiban
dan tanggung jawab.bekerja sebagai ibadah merupakan hasil pemahaman orang
melayu tehadap al-qur’an dan hadits nabi muhammad saw. Di dalam al-qur’an mengatakan” apabila
kamu telah selesai melaksanakan solat, bertebarlah kamu di muka bumi ( untuk
mencari rezeki dan rahmat allah ). Pada ayat lain juga di katakan “ maka
apabila telah selesai ( dari suatu urusan) kerjakanlah dengan sungguh sungguh
(urusan) yang lain” ( QS. Alam nasyrah : 7).[13]
Masalah budaya kerja sering kali muncul
ketika kita membuat perbandingan, misalnya di antara suku-suku yang ada di
indonesia, antara kaum pribumui dan non pribumi. Suku minang dan suku bugis di
kenal sebagai suku suku pedagang. Dari profesi yang mereka tekuni inilah orang
melihat bahwa kedua suku ini memiliki etos kerja yang tinggi. Kedua suku ini di
kenal sebagai perantau di berbagai daerah,
sementara itu, bebrapa suku lainnya di indonesia di kenal mempunyai etos
kerja yang rendah, sebut saja suku melayu yang di kenal atau sering di beri
label stereotip “ pemalas “
Pandangan
serupa juga di terapkan dalam menilai antara pribumi dan non pribumi. Orang
orang cina sering kali dinilai mempunyai etos kerja yang tinggi bila di
bandingkan dengan penduduk pribumi.
Di kalangan
masyarakat melayu sendiri muncul pengakuan bahwa orang melayu belum mempunyai
budaya kerja yang tinggi . pada tahun 1970, mahathir bin muhammad
mengemukakannya dalam the malay dilemma yang menyoroti perihal orang
melayu. Mahatir menilai orang melayu di manjakan oleh lingkungan geografisnya,
yang tidak mendorong orang melayu untuk bersaing, sehingga mereka menjadi lemah
dan tidak mampu bekerja keras ( luthfi dalam hitami, 2005 : 112) Pandangan yang
menilai orang melayu tidak mempunyai semangat kerja dan terkesan malas tidak
lah di setujui oleh semua pihak. S.H. alatas (1988) mengkritik dengan keras tentang pendapat itu. Alatas mengatakan bahwa pendapat yang di kemukakan oleh orang orang
tersebut, di sebabkan oleh kurangnya wawasan mereka tentang ilmu ilmu sosial
dan ketidak tahuan mereka dengan sejarah melayu. Alatas menolak anggapan
tentang kemalasan orang melayu, karena kemalasan adalah konsep yang relatif,
yang lebih di cirikan tidak adanya unsur penting dari padanya unsur penting.
Kemalasan di cirikan oleh sikap mengelak terhadap keadaan yang seharusnya
memerlukan usaha dan kerja keras.[14]
2.7 Mata Pencaharian Orang Melayu
Mata pencarian masyarakat orang melayu
beraneka ragam, mulai dari usaha yang bergantung kepada alam sampai pada usaha
yang mengandalkan jasa. Kekayaan yang di miliki oleh bumi melayu merupakan
anugrah allah, dan membuat masyarakatnya hidup dalam serba cukup. Secara
geografis, mata pencaharian tradisional masyarakat bisa di bagi dalam dua
kelompok, yaitu, masyarakat yang hidup di daerah daratan yang berhutan lebat,
bersungai sungai dan berawa rawa dan masyarakat yang hidup di daerah pesisir
yang berlaut luas.maka usaha tradisionalpun di sesuaikan dengan keadaan kedua
daerah tersebut. Pada dasarnya, dahulu kedua jenis
daerah ini sistem mata pencahariannya adalah dengan cara mengumpulkan bahan
bahan makanan yang di sediakan alam.akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya
masyarakatnya tidak bisa lagi menggantungkan kehidupannya hanya pada pemberian
alam saja. Perkembangan ini lambat laun menimbulkan pula pembagian kerja secara
alamiah. mereka yang hidup di pesisir akhirnya terdiri dari masyarakat taniu
adan masyarakat nelayan. Dan mereka yang hidup di daerah pedalaman yang berhutan,
bersungai dan berawa-rawa, dalam perkembangan kemudian lebih mengutamakan
bercocok tanam dengan sistem ladang. Paling kurang, ada delapan mata
pencaharian tradisional masyarakat melayu. Kedelapan pencaharian ini di sebut
juga tapak lapan, maksudnya dari situlah kehidupan berpijak atau bertumpu (
hamidy, 1999 : 212). Adapun tapak delapan tersebut adalah :
a.
Berkebun , seperti membuat kebun getah dan kebun
kelapa
b.
Beladang, yakni menanam padi, jagung dan
sayur-sayuran
c.
Beniro, yaitu mengambil air enau lalu
menjadikannya manisan atau gula enau
d.
Beternak, seperti memelihara ayam, itik,
kambing, sapi dan kerbau.
e.
Bertukang, membuat rumah, sampan, tongkang dan
peralatan lainnya
f.
Berniaga atau menjadi saudagar
g.
Nelayan, yaitu mengambil hasil laut atau di
sungai
h.
Mendulang ( mengambil emas disepanjang sungai )
serta mengambil hasil hutan berupa rotan, damar jelutung, dan lain lain
sebagainya.[15]
2.8 Pandangan Orang Melayu Terhadap Harta
Pandangan orang melayu terhadap harta
benda pada umumnya sangat terpengaruh oleh ajaran islam, sehingga term-term
yang di gunakan untuk mencari harta tersebut banyak mengandung simbol simbol
islam. Mengenai harta benda, dalam pandangan orang melayu yang utama ialah “berkahnya
dan bukan jumlahnya”. Harta yang bisa mendatangkan berkah adalah harta yang
di peroleh dengan cara yang halal. Pandangan seperti ini tentu saja di
pengaruhi oleh ajaran islam. Karena itulah mereka cenderung mencari
harta benda untuk sekedar untuk di pakai, kalau sudah berlebih lebihan mereka
khawatir menjadi siksa. Dari pandangan seperti inilah, membuat orang
melayutidak melakukan penumpukan harta atau mencari harta dengan jalan yang
tidak benar. Sebenarnya islam juga mengajarkan orang untuk jadi kaya, tentu
saja dengan cara-cara yang benar, agar bisa membantu orang lain, baik dalam
bentuk sedekah, infak, zakat dan ibadah lainnya. Dari sisi
lain, orang Melayu memandang kerja bukan semata-mata untuk kepentingan hidup
didunia, tetapi juga untuk keselamatan hidup diakhirat. Oleh karenannya, kerja
haruslah mampu membawa peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan duniawi,
selain itu juga dapat menjadi bekal hidup di akhirat. Untuk itu pekerjaan
haruslah yang halal, dilakukan secara ikhlas. Dalam ungkapan orang melayu
dikatakan:
Apabila kena
menurut sunnah
Manfaatnya
sampai ke dalam tanah
Apa bila
kena menurut syariat
Berkah
melimpah dunia akhirat
Apabila
kerja niatnya ikhlas
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
pendapat-pendapat yang telah disebutkan, maka kesimpulan yang dapat kita ambil
yaitu : al-dīn diartikan dengan “agama”. Sedangkan
term al-dīn secara
redaksional dalam bahasa al-Quran, identik dengan term millah..Ad-Din
atau "Agama" yang juga berasal dari asal kata "da ya na"
.
tamadun adalah suatu perubahan pembangunan dan kemajuan dalam setiap bidang
kehidupan masyarakat yaitu dalam bentuk kebendaan (fisik), peraturan,
pembangunan spiritual dari segi akhlak juga kemanusiaan dan lain sebagainya. Ia
berterusan dan tidak terikat dengan sesuatu melainkan syarak. Tamadun Islam
mementingkan pencapaian kedua-dua aspek kehidupan namun pembangunan spritual
lebih diutamakan.
3.2 Saran
Dalam makalah ini tentunya akan ada
kekurangan-kekurangan argumentasi atau mugkin terdapat kekeliruan dalam
penulisan atau susunan kata-kata, oleh karena itu kritik dan saran kami
butuhkan guna perbaikan berikutnya. Untuk memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam,
kami sarankan juga untuk membaca referensi-referensi lain yang terkait dengan
pengaruh kebudayaan terhadap jiwa keagamaan.
DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Abdullah
Darrās, al-Dīn Bairūt: Dār Mathba’ah al-Hurriyat, 1974.
A.al-hakim Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir
fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz V Mesir: Musthāfa al-Bābi
al-halabi, 1971.
Abd. Muin Salim, Jalan
Lurus Menuju Hati Sejahtera, Jakarta: Yayasan Kalimah, 1999.
OIOAsad M. Alkalili, Kamus Indonesia Arab, Jakarta:
Bulan Bintang: 187.
Al-Rāghib al-Ashfahāni,
Mufradāt Alfāzh al-Qur’ān, Damsyiq: Dār al-Qalam, 1992.
Mukti Ali, Agama Uinversal, bandung: Badan
Penerbit IKIP, 1971
Nor Hidayatu Rosman. Pengertian
Tamadun Islam. Pressbooks.Pengajian
Hasbullah, Islam dan
Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN
SUSKA
Seri Kembangan. 2008 . Pemikiran
dan Tamadun islam. Wanbk leo.2010.Defenisi Tamadun.2014.Tamadun Islam. Wikipedia.
Tenas, Efendi. 1989. Ungkapan
Tradisional Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Dahril, Tengku.2000. Tamadun Melayu.
Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka
Husein, Ismail, dkk.2003. Etos Kerja
DalamAcuan Budaya Melayu. Jakarta: Gema Insani Press
[2]Mukti Ali, Agama
Uinversal, bandung: Badan Penerbit IKIP, 1971
[3] Abd. Muin Salim,
Jalan Lurus Menuju Hati Sejahtera, Jakarta: Yayasan Kalimah, 1999.
[4] Asad M.
Alkalili, Kamus Indonesia Arab, Jakarta: Bulan Bintang: 187. Abd.
[5] al-hakim
Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz
V Mesir: Musthāfa al-Bābi al-halabi, 1971.
[6] Al-Rāghib
al-Ashfahāni, Mufradāt Alfāzh al-Qur’ān, Damsyiq: Dār al-Qalam, 1992.
[7] al-hakim
Thanthawi al-jauhari, al-Jwāhir fī Tafsīr al-Qu’ān al-karīm, juz
V Mesir: Musthāfa al-Bābi al-halabi, 1971.
[8] M. Mahmud Yunus,
Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1992.
[10]
Hasbullah, Islam dan
Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN
SUSKA
[11] Hasbullah, Islam dan
Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin UIN
SUSKA
[12]
Tenas, Efendi.
1989. Ungkapan Tradisional Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan
Pustaka
[14]
Hasbulla, Islam
dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin
UIN SUSKA
[15] Hasbulla, Islam
dan Tamadun Melayu, Riau : Penelitian dan Pengembangan fakultas ushuludin
UIN SUSKA
[16]
Seri
Kembangan. 2008 . Pemikiran dan Tamadun islam. Wanbk leo.2010.Defenisi
Tamadun.2014.Tamadun Islam.Wikipedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar