Senin, 05 Desember 2016

makalah proses rekrutmen perusahaan



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Proses rekrutmen perusahaan”Pada makalah ini kami banyak mengambil dari berbagai sumber dan refrensi dan pengarahan dari berbagai pihak .oleh sebab itu, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih dan semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua pihak yang membaca…
           




Taluk Kuantan,   Agustus 2016


Penyusun

 


 


DAFTAR ISI


Kata Pengantar............................................................................................................. i
Daftar Isi...................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1  Latar Belakang................................................................................................. 1
1.2  Rumusan Masalah............................................................................................ 2
1.3  Tujuan.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................. 3
2.1  Proses Rekrutmen Perusahaan......................................................................... 3
2.2  Proses Pengembangan Karyawan ................................................................... 6
BAB III PENUTUP...................................................................................................... 9
3.1  Kesimpulan...................................................................................................... 9
DAFTARPUSTAKA.................................................................................................. 10













BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang 
Penting bagi pihak perusahaan untuk dapat mengelola sumberdaya manusianya melalui manajemen yang baik dengan memberikan kesempatan karyawan untuk maju sehingga karyawan akan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam bekerja. Hal ini dapat dijadikan acuan dalam mengaktifkan motivasi kerja karyawan agar dapat bekerja dengan giat untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan serta menjaga eksistensi perusahaan.
Perusahaan merupakan salah satu bentuk organisasi yang menjalani fungsi manajemen antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, Desy Arisandy23 Vol. 1 No. 2, Desember 2004 dan pengawasan (kontrol). Kontrol adalah segala usaha atau kegiatan untuk mengetahui kenyataan yang sebenarnya mengenai pelaksanaan tugas atau kegiatan, apakah sesuai dengan yang semestinya atau tidak. Bila seorang atasan dapat melaksanakan kontrol terhadap bawahannya dengan baik, maka fungsi kontrol di organisasi tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Kontrol dapat juga berarti mengusahakan apa yang dicapai agar dilaksanakan sesuai dengan aturan, dan instruksi yang telah direncanakan dapat menilai hasil pekerjaan serta apabila perlu mengadakan tindakan-tindakan perbaikan.










1.2   Rumusan Masalah
1.     Bagaimana proses rekrutmen pada perusahaan?
2.     Bagaimana proses pengembangan karyawan

1.3   Tujuan
1.     Untuk mengetahui proses rekrutmen pada perusahaan?
2.     Untuk mengetahui proses pengembangan karyawan























BAB II
PEMBAHASAN

2.1   Proses Rekrutmen Pada Perusahaan
Rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak dan menetapkan sejumlah orang dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu seperti yang telah ditetapkan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil yang didapatkan dari proses rekrutmen adalah sejumlah tenaga kerja yang akan memasuki proses seleksi, yakni proses untuk menentukan kandidat yang mana yang paling layak untuk mengisi jabatan tertentu yang tersedia di perusahaan.
Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi merupakan tugas yang sangat penting, krusial, dan membutuhkan tanggung jawab yang besar. Hal ini karena kualitas sumber daya manusia yang akan digunakan perusahaan sangat tergantung pada bagaimana prosedur rekrutmen dan seleksi dilaksanakan.
Tujuan utama dari proses rekrutmen dan seleksi adalah untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan di perusahaan untuk waktu yang lama. Meskipun tujuannya terdengar sangat sederhana, proses tersebut ternyata sangat kompleks, memakan waktu cukup lama dan biaya yang tidak sedikit dan sangat terbuka peluang untuk melakukan kesalahan dalam menentukan orang yang tepat. Kesalahan dalam memilih orang yang tepat sangat besar dampaknya bagi perusahaan atau organisasi.
Hal tersebut bukan saja karena proses rekrutmen & seleksi itu sendiri telah menyita waktu, biaya dan tenaga, tetapi juga karena menerima orang yang salah untuk suatu jabatan akan berdampak pada efisiensi, produktivitas, dan dapat merusak moral kerja pegawai yang bersangkutan dan orang-orang di sekitarnya.
Pada saat ini dimana persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin kuat, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan kandidat yang tepat mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi yang memadai. Rendahnya moral kerja dan pengaruh budaya "bapakisme" yang telah berlangsung puluhan tahun semakin menyulitkan perusahaan dalam mendapatkan kandidat yang benar-benar cocok. Selain menuntut keahlian dan ketrampilan si petugas rekrutmen perusahaan juga harus benar-benar mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi secara maksimal.
Proses pelaksanaan rekrutmen dan seleksi biasanya terdiri dari beberapa langkah atau tahapan. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang biasanya dilakukan dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi:
1.      Mengidentifikasi jabatan yang lowong dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan.
Proses rekrutmen dimulai saat adanya bidnag pekerjaan baru di perusahaan, karyawan dipindahkan atau dipromosikan ke posisi lain, mengajukan permintaan pengunduran diri, adanya PHK, atau karena pensiun yang direncanakan. Dengan melihat dinamika dari beberapa hal tersebut dan mencocokkannya dengan perencanaan sumber daya manusia yang sudah tersusun (jika ada) maka akan diketahui jabatan apa saja yang sedang lowong dan berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan tersebut.
2.      Mencari informasi jabatan melalui analisa jabatan
Untuk memperoleh uraian jabatan (job description) dan spesifikasi jabatan (job spessification) sebagai landasan dalam membuat persyaratan jabatan. Persyaratan jabatan harus dibuat secara hati-hati dan sejelas mungkin agar dalam penerapannya nanti tidak ditemui kekaburan-kekaburan yang mengganggu proses selanjutnya.
3.      Jika persyaratan jabatan telah tersusun, maka langkah berikutnya adalah menentukan dimana kandidat yang tepat harus dicari.
Dua alternative untuk mencari kandidat yakni dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. Jika diambil dari dalam, apabila kebutuhan staf untuk masa yang akan datang telah direncanakan, maka perlu juga diketahui siapa kira-kira karyawan yang ada saat ini yang dapat dipindahkan atau dipromosikan. Jika kandidat harus dicari dari luar perusahaan maka perlu dipertimbangan dengan cermat metode rekrutmen yang tepat untuk mendaptkan kandidat tersebut.
4.      Memilih metode-metode rekrutmen yang paling tepat untuk jabatan.
Ada banyak metode rekrutmen yang dapat dipilih oleh perusahaan dalam melakukan rekrutmen seperti iklan, employee referrals, walk-ins & write-ins, Depnakertrans, perusahaan pencari tenaga kerja, lembaga pendidikan, organisasi buruh, dan lain sebagainya. Perusahaan juga dapat memilih lebih dari satu metode, tergantung situasi dan kondisi yang terjadi saat itu.
5.      Memanggil kandidat-kandidat yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan
Mengumpulkan berkas-berkas lamaran mereka, dan meminta mereka mengisi formulir lamaran pekerjaan yang telah disediakan untuk selanjutnya diproses dalam tahap seleksi
6.      Menyaring / menyeleksi kandidat.
Prosedur seleksi perlu dilakukan jika: 1) pelaksanaan tugas pada jabatan yang akan diisi memerlukan ciri-ciri fisik dan psikis tertentu yang tidak dimiliki oleh setiap orang; 2) ada lebih banyak kandidat yang tersedia dibandingkan jumlah jabatan yang akan diisi. Ada banyak teknik atau metode seleksi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Hal terpenting untuk diperhatikan adalah bahwa masing-masing teknik seleksi mengukur karaktristik tertentu, sehingga akan memberi informasi yang berbeda-beda mengenai kandidat.
Pemilihan suatu teknik/metode sebagai predictor dalam prosedur seleksi sangat tergantung pada: ciri-ciri pekerjaan, validitas dan reliabilitas metode, persentase calon yang terseleksi, dan biaya penggunaan teknik tertentu. Beberapa teknik seleksi yang sering digunakan adalah formulir lamaran, data biografi, referensi dan rekomendasi, wawancara, test kemampuan dan kepribadian, test fisik/fisiologis, test simulasi pekerjaan dan assessment center.
7.      Membuat penawaran kerja.
Setelah proses seleksi dianggap cukup dan petugas rekrutmen sudah dapat menentukan kandidat terbaik untuk jabatan tertentu, maka selanjutnya perlu dipersiapkan penawaran kerja. Termasuk disini adalah mempersiapkan perjanjian kerja (KKB), memperkenalkan secara lebih mendalam tentang peraturan dan kondisi kerja di perusahaan, dan memastikan kapan kandidat akan mulai bekerja. Hal terpenting dalam tahap ini adalah petugas rekrutmen harus menyiapkan kandidat cadangan untuk berjaga-jaga kalau kandidat pertama menolak tawaran kerja atau terjadi hal-hal tak terduga.
8.      Mulai bekerja.
Proses rekrutmen tidak berhenti begitu saja setelah kandidat menerima penawaran kerja. Pada saat sudah menjadi pegawai maka yang bersangkutan masih perlu dibantu agar ia dapat bekerja secara optimal dan bertahan untuk waktu yang lama. Pegawai yang bersangkutan harus dimonitor dan dinilai kinerjanya secara teratur, serta diberikan pelatihan dan pengembangan. Pada tahap ini petugas rekrutmen perlu mengkaji ulang cara-cara yang dipakai dalam merekrut dan menyeleksi pegawai, hal ini sangat penting demi mencegah masalah-masalah yang mungkin timbul setelah pegawai diterima bekerja.
Pada akhirnya, strategi rekrutmen dan seleksi yang baik akan memberikan hasil yang positif bagi perusahaan. Semakin efektif proses rekrutmen dan seleksi, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan pegawai yang tepat bagi perusahaan. Selain itu, rekrutmen dan seleksi yang efektif akan berpengaruh langsung pada produktivitas dan kinerja finansial perusahaan. Dengan demikian maka pengembangan dan perencanaan system rekrutmen dan seleksi merupakan hal penting untuk dilaksanakan setiap perusahaan supaya proses yang berlangsung cukup lama dan memakan biaya tersebut tidak sia-sia.

2.2   Proses Pengembangan Karyawan
Pengembangan Diri di lingkungan Perusahaan didasari pada sebuah kebutuhan bagi Perusahaan agar Sumber Daya Manusia yang ada dalam Perusahaan dapat dikembangkan  dan dioptimalkan Kemampuannya sehingga Perusahaan akan mendapatkan peningkatan kinerja yang mempengaruhi secara langsung Kesuksesan yang akan diraih.
Program Pengembangan  Sumber Daya Manusia ini sangat cocok bagi Perusahaan yang mencari sebuah cara untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia yang menjadi bagian penting dari Optimalnya Kinerja Perusahaan. Jika setiap karyawan bisa bekerja secara optimal maka kesuksesan perusahaan akan dicapai dengan mudah.
Saat ini Ada banyak Lembaga yang menawarkan program pengembangan sumber daya manusia, dari banyak program tersebut yang ditawarkan adalah teori dan terkadang filsafat. Tidak ada yang membawa peserta langsung bisa merasakan perubahan dalam waktu yang cepat dan dengan cara yang mudah juga.
Program pengembangan sumber daya manusia yang kami tawarkan adalah sebuah program yang dibuat dengan modal Energi Spiritual Nusantara, energi yang digunakan akan dapat membuat setiap pribadi secara terfokus memunculkan segala bakat dan kemampuan yang dimiliki.
Program Pengembangan Sumber Daya Manusia ini dirancang untuk mendapatkan perubahan secara cepat dan tepat, menitik beratkan pada peningkatan Kesadaran. Dengan peningkatan Kesadaran maka akan didapatkan sebuah  perubahan pada diri dengan cepat. Perubahan yang menjadi titik fokus utama adalah perubahan dalam diri manusia. Bila Kesadaran bisa ditingkatkan maka setiap manusia akan menjadi lebih baik, Agar menjadi pribadi yang lebih BERMAKNA dan BERMANFAAT sehingga bisa berguna untuk Nusa dan Bangsa.
Ada berbagai macam kemampuan yang bisa dibangkitkan, dan kemampuan dari setiap individu juga sangat berbeda.
  1. Mengoptimalkan kemampuan pribadi dalam rangka kesuksesan duniawi
  2. Mengoptimalkan kemampuan pribadi dalam rangka kesuksesan spiritual
  3. Menciptakan keberuntungan untuk saudara sendiri dengan energi dan pikiran.
  4. Menjaga motivasi agar selalu dalam level yang tinggi.
  5. Mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk melakukan penyembuhan diri  “self healing”
  6. Mengoptimalkan kemampuan berpikir untuk menarik kejadian kejadian yang diinginkan“olah pikir dengan modal energi”.
  7. Dapat dipakai sebagai program kesuksesan perusahaan (mendapatkan atau mencapai sebuah goal setting tertentu dalam waktu tertentu )
  8. Dapat dipakai sebagai program pengembangan karyawan (  bisa dibayangkan jika semua karyawan dalam sebuah perusahaan dapat dikembangkan kemampuannya sesuai dengan departemennya  masing-masing, maka akan didapatkan sebuah perusahaan yang benar-benar optimal kinerjanya, hasil akhirnya adalah keuntungan yang bisa dirasakan oleh segenap bagian yang ada. )
  9. Program pengembangan karyawan kreatif.
  10. Program pengembangan karyawan sukses.
  11. Program pengembangan karyawan yang bisa menjual apa saja dan dimana saja.
  12. Program pengembangan optimalisasi hubungan antar karyawan.
Ada banyak lembaga yang memberikan program program seperti tersebut diatas, tapi tidak ada yang bisa memberikan dengan modal energi dan tata cara yang mudah dan cepat. Hanya dengan energi maka setiap manusia dapat terhubung dan melampui pikiran kemudian masuk ke alam bawah sadar dan kemudian terhubung ke jiwa. Akan ada sebuah program yang dapat mengoptimalisasikan kemampuan berpikir dan bekerja sehingga setiap individu dapat memancarkan energi ( aura ) yang sesuai dengan bakat dan kemampuan ataupun departement tempatnya bekerja.
Program ini bisa juga dirancang secara terfokus untuk kepentingan kinerja sebuah group atau perusahaan. Sehingga hasil yang didapatkan untuk semua peserta program dalam satu group bisa dirancang untuk menuju ke satu tujuan yang sama. Misalnya kesuksesan perusahaan atau group.















BAB III
KESIMPULAN

3.1   Kesimpulan 
Manusia merupakan motor penggerak sumber daya yang ada dalam rangka aktifitas dan rutinitas dari sebuah organisasi atau perusahaan. Sebagaimana diketahui sebuah organisasi atau perusahaan, didalamnya terdiri dari berbagai macam individu yang tergolong dari berbagai status yang mana status tersebut berupa pendidikan, jabatan dan golongan, pengalaman, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pengeluaran, serta tingkat usia dari masing - masing individu tersebut.
Kemajuan perusahaan juga tidak terlepas dari manajemen perusahaan dalam menggunakan sumberdaya berupa material maupun finansial sebagai sarana pencapaian tujuan yaitu mensejahterakan anggotanya. Masalah yang kemudian timbul ialah motivasi kerja menyebabkan pelaksanaan kerja dan pencapaian prestasi yang lebih baik atau sebaliknya.















DAFTAR PUSTAKA


1 komentar:

  1. mr pedro baru-baru ini membantu kami dengan pinjaman yang kami gunakan untuk mengembangkan bisnis kami. prosesnya luar biasa! dia sering menghubungi kami untuk check-in dan memberi tahu kami tentang apa yang terjadi selama pembayaran pinjaman kami. dia ramah dan mudah didekati dan selalu bisa menjernihkan pertanyaan yang kami miliki. kami memiliki pengalaman yang luar biasa bekerja dengan pedro!! hubungi petugas pinjaman email pedro: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +18632310632

    BalasHapus