KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah
puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT atas rahmat, petunjuk dan kehendak-Nya jualah sehinggah
penulis masih
diberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan penulisan makalah
ini.
Tidak lupa
pula
penulis panjatkan salawat dan tazlim atas junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang merupakan teladan bagi kita semua.
Penulis menyadari bahwa tidak ada
suatu
yang sempurna, begitupun kiranya dalam
penulisan laporan makalah ini
dimana penulis menyadari penulis
sebagai manusia biasa yang tak pernah luput dari kekhilafan. Oleh karena
itu,
penulis senantiasa menerima saran dan kritik yang bersifat konstruktif untuk
perbaikan pada masa yang
akan datang.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan makalah ini dapat menjadi suatu yang bermanfaat
bagi
para
pembaca.
Amin….
Taluk Kuantan, November 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar............................................................................................................. i
Daftar
Isi...................................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang...................................................................................................... 1
1.2 Perumusan Masalah.............................................................................................. 1
1.3 Tujuan................................................................................................................... 2
BAB
II SEJARAH PERUSAHAAN............................................................................. 3
2.1 Sejarah PT. Koko Jaya Prima............................................................................... 3
2.2 Strategi Perusahaan.............................................................................................. 3
BAB
III KEGIATAN USAHA...................................................................................... 5
3.1 Strategi Pemasaran............................................................................................... 5
3.2 Analisis Pemasaran............................................................................................... 6
3.3 Analisa Promosi
(Promotion)..................................................................... ........ 9
BAB
IV PENUTUP...................................................................................................... 11
3.1 Kesimpulan........................................................................................................... 11
DAFTARPUSTAKA.................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Setiap perusahaan, baik yang bergerak
di bidang produk ataupun
jasa, mempunyai tujuan
untuk tetap hidup dan berkembang,
tujuan tersebut dapat
dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan
tingkat
keuntungan atau laba
operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika
perusahaan dapat mempertahankan
dan meningkatkan penjualan
produk atau jasa yang
mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran
yang akurat melalui pemanfaatan peluang dalam meningkatkan penjualan,
sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan. Sehubungan dengan hal tersebut
pelaksanaan pemasaran modern dewasa ini mempunyai peranan yang sangat besar sebagai penunjang langsung terhadap peningkatan laba perusahaan.
Strategi pemasaran adalah suatu wujud rencana yang terurai dibidang
pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang
lingkup yang luas di bidang pemasaran diantaranya adalah
strategi dalam menghadapi
persaingan,
strategi
harga, strategi produk,
strategi
pelayanan dan sebagainya.
PT. Koko Jaya Prima
Makassar
merupakan sebuah
Dealer
Resmi Sepeda
Motor Honda selain menjadi dealer resmi honda, PT.Koko Jaya Prima
memberikan pelayanan lain
seperti
showroom, bengkel, servis, dan
menyediakan suku cadang bagi sepeda motor Honda terdapat pula perubahan
lingkungan dan minat
konsumen yang membuat PT.Koko Jaya Prima Makassar sadar akan
kebutuhan serta keinginan konsumen.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat disajikan rumusan masalah sebagai berikut :
Strategi apakah yang paling tepat guna meningkatkan volume penjualan pada PT.
Koko Jaya Prima Makassar.
1.3 Tujuan
Adapun tujuan
penulisan ini yaitu Untuk
mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam
meningkatkan volume penjualan pada PT.
Koko Jaya Prima Makassar.
BAB
II
SEJARAH
PERUSAHAAN
2.1 Sejarah PT. Koko
Jaya Prima
PT. Koko Jaya Prima Makassar adalah salah satu perusahaan swasta
yang bergerak dalam
bidang penjualan kendaraan bermotor
merk Honda, bengkel resmi sepeda
motor Honda, dan penjualan suku
cadang asli Honda. PT. Koko Jaya Prima didirikan sejak tanggal 16 Maret 1996 hingga sekarang masih tetap setia melayani pelanggan
sepeda motor di kota Makassar.
Adapun bidang
kerja yang
dijalankan oleh PT. Koko Jaya Prima
adalah
sebagai berikut:
1) Sebagai Dealer resmi sepeda motor merk Honda dan melayani penjualan cash maupun kredit.
2)
Bengkel resmi sepeda motor merk Honda.
3)
Penjualan
suku cadang (spare part) sepeda motor merk Honda.
4)
Bengkel
Rekondisi
Motor
Bekas.
5) Dealer Motor Bekas.
Unit-unit kerja tersebut didirikan seiring dengan kebutuhan
dan permintaan konsumen, dimana
dalam kegiatan kerja masing-masing
unit secara tidak langsung,
terkait satu
sama lainnya.
Pada
awalnya kantor PT.Koko Jaya
Prima berlokasi di Jl.
Pengayoman Ujung Ruko Mirah Blok F1-F2 Makassar, namun seiring
dengan pertumbuhan kegiatan usaha
dan
untuk melayani konsumen maka pada tahun 1998 kantor PT.Koko Jaya Prima di pindahkan ke Jl.
Toddopuli Raya Timur Ruko Villa
Surya Mas.
Dimana kantor tersebut berfungsi sebagai kantor pusat sekaligus berfungdi sebagai showroom sepeda motor merk Honda, sementara
kantor lama digunakan sebgaai
bengkel resmi AHASS dan rekondsi, penjualan suku cadang resmi Honda,
penjualan motor bekas.
2.2 Strategi Perusahaan
Perusahaan perlu untuk memiliki strategi agar dapat mencapai visi dan misi
yang telah dirancang oleh perusahaan.
Strategi
dirasa penting karena dalam strategi ini lah maka perusahaan dapat memutuskan dan mengambil keputusan yang paling tepat serta strategi
penting untuk menghadapi persaingan yang ada di dalam pasar. Strategi juga akan menjadi senjata penting perusahaan untuk mendapatkan pencapaian tujuan utama dari visi
dan misi perusahaan. Berikut adalah
strategi yang diterapkan
oleh
PT. Koko
Jaya Prima :
1)
Melakukan
promosi serta mengembangkan
usaha
secara
berkesinambungan agar mampu bertahan dan semakin berkembang
di masa yang akan datang.
2)
Perbaikan
layanan guna peningkatan
kedekatan dengan pelanggan dan peningkatan lotalitas pelanggan.
3)
Perbaikan
kinerja guna meningkatkan
keunggulan
operasional, penguasaan
teknologi, dan kemitraan
BAB III
KEGIATAN USAHA
3.1 Strategi Pemasaran
Setiap perusahaan mengarahkan kegiatan usahanya
untuk dapat menghasilkan produk yang dapat memberikan kepuasan kepada
konsumen sehingga dalam jangka waktu dan jumlah
produk tertentu dapat diperoleh keuntungan seperti yang
diharapkan. Melalui produk yang dihasilkannya, perusahaan menciptakan, membina dan mempertahankan kepercayaan
langganan akan produk tersebut. Keberhasilan
suatu perusahaan
sangat ditentukan oleh ketepatan produsen
dalam memberikan kepuasan kepada sasaran konsumen yang
ditentukannya, dimana usaha-usaha pemasaran diarahkan kepada konsumen yang ditujukan
sebagai
sasaran pasarnya.
Dalam hal tersebut pemasaran menunjang
perusahaan didasarkan pada
konsep pemasaran
untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang mengarahkan kepada sasaran
pasar yang sebenarnya.
Pentingnya
strategi pemasaran bagi suatu perusahaan timbul dari luar, ketidakmampuan perusahaan dalam mengontrol semua faktor yang
dibatasi di luar lingkungan perusahaan. Demikian pula perubahan-perubahan yang terjadi pada faktor-faktor tersebut
tidak dapat diketahui
sebelumnya secara pasti.
Istilah strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategi yang berarti seni atau ilmu untuk menjadi seorang Jenderal. Konsep strategi militer seringkali digunakan dan diterapkan dalam dunia bisnis yang
mengikuti lingkungan
yang
dipilih dan
merupakan
pedoman
untuk
mengalokasikan sumber daya dan
usaha suatu perusahaan.
Fandy Tjiptono (2000:43), menyatakan
bahwa : “Strategi pemasaran adalah rencana yang
hendak diikuti oleh manajer
pemasaran. Rencana
tindakan ini didasarkan atas analisa
situasi dan
tujuan-tujuan perusahaan dan merupakan cara
untuk pencapaian tujuan
tersebut”.
Dalam pengertian
strategi
seringkali
terkandung perencanaan merupakan proses yang
berlangsung secara terus- menerus dalam suatu perusahaan.
Oleh sebab itu strategi pemasaran dari setiap
perusahaan merupakan rencana yang
menyeluruh dimana perusahaan berharap mencapai sasaran yang
telah ditentukan, yang pada akhirnya untuk merealisasikan tujuan dari
perusahaan yang bersangkutan.
3.2 Analisis
Pemasaran
Setelah mengumpulkan
semua informasi yang berpengaruh terhadap
kelangsungan ke arah lebih maju PT. Koko Jaya Prima adalah dengan memanfaatkan semua informasi tersebut ke
dalam model-model kuantitatif perumusan strategi dan sebaiknya menggunakan beberapa model sekaligus, agar dapat
memperoleh
analisis yang lengkap
dan
akurat.
1.
Analisis Deskriptif
Setiap perusahaan, baik yang
bergerak di bidang produk ataupun jasa, mempunyai tujuan untuk
tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat
dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan
tingkat
keuntungan atau laba
operasional perusahaan. Hal ini dapat dilakukan, jika
perusahaan dapat mempertahankan
dan meningkatkan penjualan
produk atau jasa yang
mereka produksi. Dengan melakukan penerapan strategi pemasaran yang akurat melalui pemanfaatan peluang
dalam meningkatkan penjualan, sehingga posisi atau kedudukan perusahaan di pasar dapat ditingkatkan atau dipertahankan.
Seperti diketahui strategi pemasaran adalah rencana yang
menyeluruh
terpadu dan menyatu di bidang
pemasaran yang memberikan paduan tentang kepentingan yang akan dijalankan untuk mencapai
tujuan pemasaran Untuk
menganalisa pemasaran PT. Koko
Jaya Prima Makassar konsep
yang dianggap efektif adalah dengan menggunakan konsep Marketing Mix P7, yaitu:
a.
Product
b. Price
c.
Promotion
d. Place
e.
Human
Resource
f.
Physical Evidence
g. Process
Berikut
uraian unsur-unsur dari Marketing Mix pada PT. Koko
Jaya Prima di Makassar
sebagai berikut
:
A.
Analisa Produk
Produk
yang ada baik berupa barang dan jasa sampai saat ini pada PT.
Koko Jaya Prima yaitu:
1) Sepeda Motor merk Honda
2) Bengkel resmi sepeda motor merk
Honda.
3) Suku cadang (spare part) sepeda motor merk Honda.
4) Motor Bekas / Motor
Second
Adapun gambaran
umum
produk barang
dan
jasa
adalah
sebagai berikut:
1.
Sepeda motor merk Honda dijual baik dengan cara Cash maupun Kredit. Ada beberapa
macam tipe
merk motor Honda yang di perdagangkan seperti Honda Revo, Honda Supra Fit, Honda Mega Pro, Honda
Tiger, Honda Cbr,
untuk jenis sepeda motor bebek, dan untuk sepeda motor matic
sendiri ada Honda Beat, Honda Vario dan Honda
Spacy.
2.
Pelayanan Jasa Bengkel Sepeda
Motor Honda pada PT. Koko Jaya Prima
terbilang baik dan memadai, perlengkapan untuk service motor
dan kinerja pegawai
juga sangat
memuaskan
bagi konsumen. Selain
pelayanan
barang tentu
saja pelayanan
jasa juga sangat
penting, keramahan dan kemampuan
pegawai dalam melayani konsumen serta dalam pengerjaan kendaraan konsumen
akan
membuat kepuasaan
pelanggan
meningkat dan akan
memunculkan loyalitas
dari konsumen.
3.
Suku cadang
(Spare Part) asli motor Honda adalah salah satu produk unggulan dari PT. Koko Jaya Prima. Dengan hanya menjual spare part asli motor merk Honda maka para konsumen sudah tidak lagi bingung
mencari
tempat atau bengkel resmi asli motor merk Honda yang menjual spare part asli motor Honda. Dilengkapi dengan beberapa sertifikat yang
menunjukkan
keaslian spare part juga sangat penting dan PT. Koko Jaya Prima telah mengantongi sertifikat tersebut.
4.
Used Motor Cycle
(UMC) atau dalam hal ini Motor Bekas alias Motor Second. Adapun motor bekas/motor Second yang
perdagangkan adalah motor yang tidak dapat lagi dibayarkan iuran bulanan oleh konsumen yang
melakukan pembelian secara kredit
atau dengan kata
lain kredit macet, yang kemudian motor tersebut ditarik kembali
oleh PT. Koko Jaya PrimaSemua
jenis motor yang ditarik kembali telah direkondisi
yang kemudian akan di jual kembali
sebagai
motor second. Perbandingan penjualan motor baru dan motor bekas pada PT. Koko
Jaya Prima Makassar dapat
dilihat jelas pada table berikut :
Data Penjualan
Motor Baru Pada PT.Koko Jaya Prima 2007-2011
Tahun
|
Volume Penjualan
|
Persentase ( % )
|
2007
2008
2009
2010
2011
|
630
600
750
671
687
|
19.45
18.52
23.16
20.72
21.21
|
Jumlah
|
3238
|
100.00
|
Sumber : PT. Koko Jaya Prima, 2011
Tabel diatas menunjukan hasil presentase
berdasarkan volume penjualan
motor baru dalam lima
tahun terakhir di peroleh jumlah penjualan 687 pada
tahun 2011 dengan tingkat presentase tertinggi yang dicapai dalam lima tahun yaitu
terjadi pada
tahun 2009 sebesar 23.16 % unit.
Tabel 5.2. Data Penjualan Motor
Bekas Pada PT. Koko Jaya Prima 2007-2011
Tahun
|
Volume Penjualan
|
Presentase(%)
|
2007
2008
2009
2010
2011
|
600
615
590
596
625
|
19.83
20.32
19.49
19.69
20.65
|
Jumlah
|
3026
|
100.00
|
Sumber : PT.
Koko
Jaya Prima,
2011
Tabel menunjukan diatas penjualan motor bekas hasil presentase volume
penjualan dalam
lima tahun
terakhir
jumlah penjualan
sebanyak 625 pada
tahun 2011 dengan tingkat presentase tertinggi yang dicapai dalam lima tahun terakhir yaitu
terjadi pada tahun 2011 sebesar
20.65 % unit.
Melihat perbandingan penjualan motor baru menunjukkan antara 2007 sampai 2008
terjadi penurunan. Kemudian meningkat pada tahun 2009 dan
mengalami penurunan
pada tahun 2010
sampai 2011 penurunan ini terjadi
karena
konsumen tidak
hanya berpatokan
pada penjualan motor
baru melainkan
juga banyak peminat pada
motor bekas.Perkembangan motor
bekas
sangat meningkat pada tahun 2011 di karenakan kualitas pada motor
bekas seperti layaknya motor baru
dan
harga terjangkau pada masyarakat yang
berpenghasilan menengah ke bawah yang
juga memiliki keinginan untuk bisa
mempunyai sepeda motor sendiri. PT. Koko Jaya Prima penjualan motor rekondisi ini bisa efektif dan efisien guna untuk membantu masyarakat kurang mampu dapat meningkatkan
pendapatan dan penjualan motor bekas serta melakukan pengembangan usaha secara
berkesinambungan agar
mampu bertahan dan berkembang dimasa yang akan datang.
3.3 Analisa Promosi
(Promotion)
Bentuk-bentuk promosi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Koko Jaya Prima dalam
meningkatkan jumlah
penjualannya, yaitu:
1. Periklanan
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung yang didasari pada
informasi tentang keunggulan PT. Koko Jaya Prima yang disusun rangkaian
kata-katanya sedemikian rupa dengan mengubah pikiran seseorang
untuk datang ke PT. Koko Jaya Prima untuk membeli motor Honda (baru/second), sparepart asli motor Honda maupun perbaikan di bengkel PT. Koko Jaya Prima.
Adapun kegiatan periklanan yang dilakukan oleh PT. Koko Jaya
Prima dengan berbagai macam cara
di antaranya melalui media
cetak seperti surat
kabar, maupun media luar
ruangan
seperti
baliho
dan spanduk.
2.
Sponsorship
Kegiatan sponsorship yang
dilaksanakan oleh PT. Koko Jaya Prima bertujuan untuk lebih mensosialisasikan produk kepada masyarakat luas
melalui berbagai kegiatan seperti, sponsor kegiatan amal, festival musik dan
lain sebagainya dengan demikian
masyarakat luas akan lebih banyak
mengenal dan mengetahui PT.
Koko Jaya Prima.
3.
Personal Selling
Aktivitas promosi personal selling yang
dilakukan oleh PT. Koko Jaya
Prima dengan memberikan pelayanan terbaik dan keramahan kepada
pelanggan yang datang ke PT. Koko
Jaya Prima.
Menurut Lingga Purnama
(2003:111) dalam
buku Strategi Marketing Plan, The Moment Of Truth adalah titik kritis pertemuan
pelanggan (konsumen) dan pemberi layanan
(karyawan PT. Koko Kaya Prima). Pada pertemuan interaktif karyawan PT. Koko
Jaya Prima
memberikan pelayanan
terbaik kepada konsumen di
PT. Koko
Jaya Prima.
4. Pameran
Kegiatan pameran
sangat diperlukan untuk lebih
banyak memberikan informasi
kepada
masayarakat konsumen dalam
pasar domestik. PT. Koko
Jaya Prima sering ikut serta
dalam tiap kegiatan
pameran di Mall dan Pusat keramaian, selain itu juga dalam setiap festival- festival yang menyediakan stand
untuk
produk perusahaan yang memberikan dana
sebagai sponsorship, dengan ini akan lebih dekat dengan masyarakat secara langsung, karena itu dirasa sangat penting
untuk mengadakan pameran ini.
Promosi pemasaran akan sukses
dan berjalan dengan baik
apabila ditunjang
dengan
biaya memadai
dan teknologi.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisis perusahaan beserta diagram
cartesius dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama PT.
Koko Jaya Prima adalah
strategi Growth (perkembangan) dimana PT. Koko Jaya
Prima dapat mengembangkan dealer dan bengkelnya
dengan cara mengembangkan kemampuan tenaga pekerja serta memanfaatkan
promosi yang lebih
baik.
Untuk meningkatkan
pengembangan
PT. Koko Jaya
Prima maka dilakukan adalah sparepart asli dan bermutu, luas bengkel bisa mengerjakan
sampai 7 motor sekaligus 17
jam,tarif bengkel maupun pembelian motor secara kredit bersaing ( lebih terjangkau bunga rendah
2,5 % ), garansi yang lebih lama dan perawatan service gratis secara berkala, reputasi
yang cukup
baik dalam
pelayanan baik
bengkel
maupun kecepatan
pengiriman motor.
DAFTAR PUSTAKA
Integrated Marketing Communication (1999
– 2000), Tony Yeshin
Integrated Advertising, Promotion, and
Marketing Communication, Kenneth E. Clow and Donald Baack
Cravens, D.W., 1996.
Pemasaran Strategis, Edisi 4. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.
شركة تصليح مكيفات دبي
BalasHapusشركة كشف تسربات المياه في دبي
شركة تنظيف في دبي
شركة تسليك مجاري في دبي
شركة تركيب جبس بورد في دبي