Rabu, 11 April 2018

MAKALAH STUDI HISTORI TENTANG ISLAM


KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga Penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Studi Histori Tentang Agama”.  Pada makalah ini Penulis banyak mengambil dari berbagai sumber dan refrensi dan pengarahan dari berbagai pihak. oleh sebab itu, dalam kesempatan ini Penulis mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih dan semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua pihak yang membaca…



Teluk Kuantan,      Maret  2018



Penulis


DAFTAR ISI

Kata pengantar....................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... .... 1
1.1  Latar Belakang................................................................................. .... 1 
1.2  Rumusan Masalah............................................................................ .... 2 
1.3  Tujuan.............................................................................................. .... 2 
BAB II PEMBAHASAN................................................................................ .... 3
2.1  Tujuan Pendekatan Historis Dalam Pengkajian Islam..................... .... 3 
2.2  Ruang Lingkup Pendekatan Hitoris Dalam Pengkajian Islam......... .... 3 
2.3  Karakter Pendekatan Historis Dalam Pengkajian Islam.................. .... 4 
2.4  Kelemahan  Dan Kekuatan Pendekatan Historis Dalam
       Kajian  Islam.................................................................................... .... 7 
BAB III PENUTUP......................................................................................... .... 10
3.1  Kesimpulan............................................................................................ 10
3.2  Saran...................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 11















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Penelitian merupakan satu di antara tiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pentingnya aspek ini tidak hanya pada dunia akademis namun dalam dunia praktis. Karena hal tersebut, para peneliti terus berusaha mengembangkan berbagai aspek metodologis yang menyokong penelitian salah satunya dengan terus memperluas cara pandang dengan mengusung pendekatan multidisipliner. Saat ini telah banyak tokoh yang ambil bagian untuk mendorong lahirnya pendekatan baru, salah satunya adalah Fazlur Rahman yang berusaha membawa Islam menerobos wilayah normatif menuju sisi historis.
Apa yang dilakukan oleh beberapa tokoh yang sealiran dengan Rahman bukan berarti tanpa kritikan dari tokoh lainnya. Beberapa dekonstruksionis banyak yang pesimis terhadap apa yang dilakukan oleh kaum kontekstualis. Sebaliknya, kaum kontekstualis juga tidak henti-hentinya mendorong gagasan pentingnya aspek historisitas dalam memandang sebuah objek penelitian. Jorge J. E. Gracia merupakan salah satu diantara kritikus terhadap kaum dekonstruksionis. Ia menyayangkan aktivitas penelitian kaum dekostruksionis yang abai terhadap aspek historis, padahal dalam penelitian seperti kajian teks, peran konteks tentu sangat menentukan, karena teks yang diutarakan tidak mungkin terlepas dari latar belakang historisnya dalam ruang dan waktu.
Perdebatan antara kedua aliran tersebut terus berkembang dan bukan berarti antara keduanya tidak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenai pendekatan historis sendiri, sebagai sebuah cara pandang baru terutama dalam kajian Islam, pendekatan ini cukup menarik untuk difahami, dikaji, atau bahkan dikritisi lebih jauh untuk mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan pendekatan tersebut.




1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latarbelakang diatas, tulisan ini merupakan sebuah upaya untuk mengulas pendekatan historis dan korelasinya dalam kajian Islam. Beberapa aspek yang menjadi poin rumusan permasalahan dalam tulisan ini adalah:
1.      Apa tujuan  penggunaan pendekatan historis dalam pengkajian Islam?
2.      Bagaimana Ruang Lingkup pendekatan historis dalam pengkajian Islam?
3.      Bagaimana kriteria pendekatan historis dalam pengkajian Islam?
4.      Bagaimana kelemahan dan kekuatan pendekatan historis dalam pengkajian Islam?

1.3  Tujuan Pembahasan  
Berdasarkan rumusan masalah diatas, pembahasan tulisan ini adalah :
1.      Mengetahui  tujuan  Pendekatan Historis dalam pengkajian Islam
2.      Mengetahui kriteria Pendekatan Historis dalam pengkajian Islam
3.      Mengetahui Konsep pendekatan Historis dalam pengkajian Islam
4.      Mengetahui kelemahan dan kekuatan pendekatan historis dalam pengkajian Islam














BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Tujuan  Pendekatan Historis dalam Pengkajian Islam
Menurut  M. Yatimin Abdullah, tujuan pendekatan historis atau sejarah dalam pengkajian Islam adalah untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, serta mensistematisasikan bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat.[3] Beliau menambahkan bahwa dengan berbagai pendekatan manusia dalam memahami agama dapat melalui pendekatan paradigma ini. Dengan pendekatan ini semua orang dapat sampai pada agama.
Disini dapat dilihat bahwa agama bukan hanya monopoli kalangan teolog dan normalis, melainkan agama dapat dipahami semua orang sesuai dengan pendekatan dan kesanggupannya. Oleh karena itu, agama hanya merupakan hidayah Allah dan merupakan suatu kewajiban manusia sebagai fitrah yang diberikan Allah kepadanya.[4] Pemahaman terhadap ilmu sejarah menjadi penting bagi kalangan intelektual hukum (Islam) untuk melihat mata rantai antara satu kejadian dan kejadian lain sehingga tidak terjadi distorsi dalam menjustifikasi sebuah peristiwa hukum. Begitu pula, kajian sejarah menjadi alat ukur bagi kalangan intelektual dari berbagai disiplin ilmu dalam memilih dan memilah masalah.[5]
    
2.2  Ruang Lingkup Pendekatan Hitoris Dalam Pengkajian Islam
Memahami pendekatan historis tidak bisa lepas dari memahami terlebih dahulu akan makna kata tersebut. Kata historis memiliki kedekatan dengan kata History dalam bahasa Inggris yang memiliki makna sejarah (dalam bahasa arab Syajarah). Kata tersebut diambil dari bahasa Yunani (istoria), yakni gejala-gejala alam yang bersifat kronologis terutama yang berkaitan dengan manusia. Menurut W Bauer (1928) sejarah merupakan ilmu pengetahuan sebagai upaya melukiskan dan menjelaskan fenomena dalam mobilitasnya karena adanya hubungan antara manusia di tengah kehidupan masyarakat.
Dari pendefinisian ini, sejarah sebagai sebuah pendekatan atau pendekatan historis tidak bisa terlepas dari kajian peristiwa yang melalui dimensi ruang dan waktu. Jika menariknya dalam konteks Islam, Menurut Lokatos, apa yang dimaksud dengan Islam Historis adalah sebuah protective belt yakni domain utama dari apa yang disebut ilmu, sistem pengetahuan yang secara langsung bisa dinilai, diuji ulang, diteliti, dipertnyakan, diformulasi ulang, dan dibangun kembali.
Dari sini, Islam historis terlepas dari wilayahnya sebagai Islam normatif.[7]  Islam tidak lagi dikaji pada aspek normatifnya, melainkan wujudnya ketika hidup di tengah masyarakat, tempat, kondisi sosial, ekonomi, atau bahkan kondisi politik. Hal ini pula yang mengantarkan pendekatan historis mau tidak mau berhubungan dengan sejarah sebagai koreksi atas fatkta. Hal yang perlu digarisbawahi adalah bahwa sejarah disini bukanlah merupakan sejarah naratif, namun sejarah kritis yang tidak hanya melibatkan deskripsi namun juga analisis motif dan kritik data.
Dalam suatu penelitian, aspek historis bisa ditempatkan pada dua posisi yakni ia sebagai objek kajian dan ia sebagai alat bantu untuk mengkaji dalam arti sebuah bagian dari metode penelitian. Di sinilah aspek penting yang harus ditentukan tentang apakah ia merupakan sebuah pengetahuan atau ia sebagai sebuah pendekatan.
Konsekuensi pendekatan historis dalam penelitian terhadap gejala-gejala atas fenomena yang terjadi mengharuskan untuk mempertimbangkan beberapa aspek, di antara aspek tersebut adalah segi-segi prosessual, perubahan-perubahan, dan aspek diakronis. Lebih dari itu pendekatan historis tidak hanya digunakan untuk melihat pertumbuhan, perkembangan, dan kronologis peristiwa masa lampau, namun juga digunakan untuk mengenal gejala-gejala structural, faktor-faktor kausal, kondisional, kontekstual serta unsur-unsur yang merupakan komponen dan eksponen dari proses sejarah yang dikaji.

2.3  Karakter Pendekatan Historis Dalam Pengkajian Islam
Sebelum membahas lebih lanjut mengkaji, memahami Islam melalui pendekatan sejarah (history,tarikh), kita ketahui terlebih dahulu apa itu Islam. Dari segi bahasa (etimologi) Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata salima yang mengandung arti selamat, sentosa, dan damai. Dari kata salimaselanjutnya diubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk kedalam kedamaian. Juga berarti memelihara dalam keadaan sentosa, menyerahkan diri, tunduk, patuh, dan taat.[9] Ajaran Islam mengandung berbagai arti, yaitu ;
1.      Menurut dan menyerahkan. Orang yang memeluk Islam adalah orang yang menyerahkan diri kepada Allah dan menurut segala ajaran yang telah ditentukan-Nya.
2.      Sejahtera, tidak tercela, tidak cacat, selamat, tenteram, dan bahagia. Ini berarti bahwa setiap muslim adalah orang sejahtera, tenteram, selamat, dan bahagia, baik dunia maupun di akhirat dengan tuntutan ajaran Rabbul ‘Alamin.
3.      Mengaku, menyerahkan, dan menyelamatkan. Ini berarti bahwa orang yang memeluk Islam itu adalah orang yang mengaku dengan sadar adanya Allah SWT, kemudian ia menyerahkan diri pada kekuasaan-Nya dengan menurut segala titah dan firman-Nya sehingga ia selamat di dunia dan di akhirat.
4.      Damai dan sejahtera. Artinya bahwa Islam adalah agama yang membawa kepada kedamaian dan perdamaian. Membawa kesejahteraan dunia akhirat. Orang yang memeluk Islam adalah orang yang menganut ajaran perdamaian dan mencerminkan jiwa perdamaian dalam segala tingkah laku dan perbuatan.

Mircae Eliade and Joseph M. Kitagawa (12-13) berpendapat bahwa, Pendekatan sejarah merupakan metode dan instrument penting bagi penelitian agama. Kajian sejarah (historis) di zaman modern, sepertinya halnya di Abad Pertengahan, menekankan penilaian yang kritis atas sumber-sumber sejarah para sejarawan. Akan tetapi, pada abad kesembilan belas, penelitian agama melalui pendekatan sejarah menekankan agama ummat manusia secara keseluruhan. Oleh karena itu, sejarah agamapun secara khusus mempunyai perhatian (concern) terhadap rekonstruksi yang kritis atas aspek-aspek esensial berbagai agama timur.
Perkembangan studi agama dengan pendekatan sejarah telah menarik minat pengkajian agama melalui perbandingan agama. Persoalan yang ditimbulkan oleh pendekatan sejarah adalah perbedaan antara fakta dengan nilai (fact and value). Akan tetapi, akhirnya sejarah harus berbicara atas dasar fakta. Jika demikian, pendekatan sejarah memerlukan metode maupun tujuan yang factual yang hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan ilmu-ilmu sosial.
Joachim Wach memberi contoh bahwa penelitian agama dengan pendekatan sejarah seringkali menjadi berfaidah jika, dilakukan dengan cara meminjam metode maupun prosedur dalam lapangan lain. Studi Vinogradoff dibidang hukum dan institusi-institusi, misalnya mempunyai nilai yang besar. Dia menggambarkan metode tersebut sebagai berikut: “Ketika kita menempatkan fakta-fakta dan doktrin-doktrin dalam tatanan ideologis, tak sedikitpun kita bermaksud mengingkari atau menghilangkan kondisi-kondisi geografis, etnologis, politik dan cultural yang memang ikut menentukan perjalanan peristiwa-peristiwa actual.”
Hal ini secara definitive menuntut kita untuk melakukan sistematikasi dan studi fenomenologis terhadap kondisi sosio-religius. Vinogradoff juga menekankan pentingnya penyempurnaan pandangan yang statis dalm bentuk “typical theory” (tentang jurisprudensi) yang dinamik. “It is not easy” (tidaklah mudah) demikian menurut Vinogradoff. Tujuan esensialnya adalah untuk mengenal nilai-nilai pada tipe-tipe historis sebagai dasar suatu teori hukum. Kita tidak akan berhasil menjelaskan dan menganalisis tipe-tipe kelompok keagamaan yang memiliki motivasi untuk berkelompok dalam kelompok keagamaan tanpa materi yang disajikan oleh sejarah agama kepada kita.
Menurut Sumadi Suryabrata penelitian historis (historical research) ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Bergantung kepada daya yang diobservasi oleh peneliti itu sendiri.
2.      Harus tertib, ketat, sistematik, tuntas, dan buka sekadar mengoleksi informasi yang tidak layak, tidak reliable, dan berat sebelah.
3.      Bergantung pada data primer dan sekunder.
4.      Harus melakukan kritik eksternal dan internal.
Selain dicirikan dengan kajian menadalam atas pertanyaan-pertanyaan dasar yang berhubungan dengan realitas yang secara sederhana diwakili dengan pertanyaan-pertanyaan seperti siapa, apa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana, pendekatan historis juga memperhatikan metode penelusuran dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tidakhanya secara deskriptif naratif, namun lebih berusaha menjawabnya secara kritis analitis, sehingga apa yang dilakukan pendekatan ini tidak hanya  menyajikan wacana naratif namun bertujuan untuk menganalisa alasan, motif dan berbagai hal yang ada dibalik sebuah peristiwa.
Aspek penting lainnya dalam pendekatan ini juga adalah kerangka analisis dalam meneropong peritiwa masa lampau yang di awali dengan permasalahan (problem-oriented). Pendekatan historis yang diterapkan pada sebuah riset memungkinkan terhadap dua sifat penelitian, pertama adalah subjektif, yakni hasil penulisan sejarah yang tercampuri oleh pra pengetahuan, gaya, dan struktur pemikiran peneliti. Kedua adalah sifat objektif, yakni hasil penelitian yang berusaha mengungkap data sebagaimana adanya data tersebut dapat mengarahkan pada fakta yang objektif. Dari sini, hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara data dan fakta. Perbedaan ini penting, berbeda dengan fakta, data merupakan bahan-bahan mentah yang masih membutuhkan proses analisis.

2.4  Kelemahan  dan Kekuatan Pendekatan Historis Dalam Kajian  Islam
Sebagai suatu pendekatan, pendekatan historis memiliki titik-titik kelemahan, disamping titik kekuatan/kelebihan. Adapun kelemahan pendekatan historis antara lain :
1.      Sikap memihak kepada pendapat dan madzhab-madzhab tertentu
2.      Terlalu percaya kepada pihak penukil berita sejarah
3.      Gagal menangkap maksud-maksud apa yang dilihat atau di dengar serta menurunkan laporan atas dasar persangkaan dan perkiraan
4.      Persangkaan benar yang tidak berdasarkan terhadap sumber berita
5.      Kebodohan dalam mencocokkan keadaan dengan kejadian yang sebenarnya
6.      Kesukaan kebanyakan manusia untuk mendekatkan diri kepada para pembesar dan orang-orang yang berpengaruh
7.      Ketidaktahuan tentang mode-mode kebudayaan.
Sedangkan kekuatan pendekatan historis antara lain :
1.      Melalui pendekatan sejarah seorang diajak menukik dari alam idialis kealam yang bersifat empiris dan mendunia. Dari keadaan ini seseorang akan melihat adanya kesenjangan atau keselarasan antara yang terdapat dalam alam idialis dengan yang ada dalam alam empiris dan historis.
2.      Pendekatan kesejarahan ini amat dibutuhkan dalam memahami agama, karena agama itu sendiri turun dalam situasi yang kongkrit bahkan berkaitan dengan kondisi sosial kemasyarakatan. Dalam hubungan ini kuntowijaya telah melakukan studi yang mendalam terhadap agama yang yang dalam hal ini islam menurut pendekatan sejarah. Ketika ia mempelajari alquran, ia sampai pada suatu kesimpulan bahwa pada dasarnya kandungan alquran itu terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi konsep-konsep dan bagian kedua berisi kisah-kisah seejarah dan perumpamaan.
3.      Melalui pendekatan sejarah ini seseorang diajak untuk memasuki keadaan yang sebenarnya berkenaan dengan penerapan suatu peristiwa. Dari sini, maka seseorang tidak akan memahami agama keluar dari konteks historisnya karena pemahaman demikiian itu akan menyesatkan orang yang memahaminya.seseorang yang ingin memahami alquran secara benar misalnya, yang bersangkutan harus mempelajari sejarah turunya alquran atau kejadian kejadian yang mengiringi turunya alquran yang selanjutnya disebut sebagai ilmu Asbab an Nuzul (ilmu tentang sebab sebab turunya ayat ayat alquran) yang pada intinya berisi sejarah turunya ayat alquran. Dengan ilmu asbabun Nuzul ini seseorang akan dapat mengetahui hikmah yang terkandung dalam suatu ayat yang berkenan dengan hukum tertentu dan ditujukan untuk memelihara syariat dari kekeliruan memahaminya.
Disamping itu, melalui pendekatan sejarah ditemukan informasi sebagai berikut:
1.      Sejak kedatangan Islam, umat Islam tergerak hati, pikiran dan perasaannya untuk memberikan perhatiannya yang besar terhadap penyelenggaraan pendidikan.
2.      Model lembaga pendidikan Islam yang diadakan oleh umat Islam adalah model lembaga pendidikan informal, non formal dan formal.
3.      Lembaga pendidikan yang dibangun umat Islam bersifat dinamis, kreatif, inovatif, fleksibel dan terbuka untuk dilakukan perubahan dari waktu ke waktu.
4.      Melalui pendekatan sejarah, diketahui bahwa di kalangan umat Islam telah terdapat sejumlah ulama yang memiliki perhatian untuk berkiprah dalam bidang pendidikan
5.      Melalui pendekatan sejarah, dapat diketahui tentang kehidupan para guru dan pelajar.
6.      Melalui pendekatan sejarah, dapat diketahui tentang adanya sistem pengaturan atau manajemen pendidikan, pendanaan atau pembiayaan pendidikan, mulai dari yang sederhana sampai dengan yang canggih.
7.      Melalui pendekatan sejarah, dapat diketahui tentang adanya kurikulum yang diterapkan di berbagai lembaga pendidikan yang disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan ideologi keagamaan yang dimiliki oleh tokoh pendiri atau masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan tersebut.
8.      Pendekatan sejarah dalam mempelajari Islam merupakan profil campuran, yakni sebagian dari praktik tersebut ada yang dipengaruhi oleh sejarah dan ada pula yang dipengaruhi oleh adat istiadat dan kebudayaan setempat. Praktik pendidikan dalam sejarah tidak selamanya mencerminkan apa yang dikehendaki ajaran Al-Qur'an dan al-sunnah.
9.      Informasi yang terdapat dalam sejarah bukanlah dogma atau ajaran yang harus diikuti, melainkan sebuah informasi yang harus dijadikan bahan kajian dan renungan, memilah dan memilih bagian yang sesuai dan relevan untuk digunakan.



BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Dari hasil penelusuran berbagai hal tentang pendekatan historis, berikut merupakan kesimpulan makalah ini sebagaimana mengacu pada rumusan masalah di atas :
Pertama : tujuan pendekatan historis atau sejarah dalam pengkajian Islam adalah untuk merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, serta mensistematisasikan bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat
Kedua   : sejarah sebagai sebuah pendekatan atau pendekatan historis tidak bisa terlepas dari kajian peristiwa yang melalui dimensi ruang dan waktu. pendekatan historis dalam penelitian terhadap gejala-gejala fenomena yang terjadi mengharuskan untuk mempertimbangkan beberapa aspek, di antara aspek tersebut adalah segi-segi prosessual, perubahan-perubahan, dan aspek diakronis. Lebih dari itu pendekatan historis tidak hanya digunakan untuk melihat pertumbuhan, perkembangan, dan kronologis peristiwa masa lampau, namun juga digunakan untuk mengenal gejala-gejala structural, faktor-faktor kausal, kondisional, kontekstual serta unsur-unsur yang merupakan komponen dan eksponen dari proses sejarah yang dikaji.
Ketiga : penelitian historis (historical research) ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut ; Bergantung kepada daya yang diobservasi oleh peneliti itu sendiri; harus tertib, ketat, sistematik, tuntas; dan buka sekadar mengoleksi informasi yang tidak layak, tidak reliable, dan berat sebelah; bergantung pada data primer dan sekunder, harus melakukan kritik eksternal dan internal.
Keempat : Secara lebih jauh, pendekatan historis dalam mengkaji agama tidak hanya digunakan untuk menelusuri peradaban dan kebudayaan yang bersinggungan dengannya namun juga menelusuri berkembangnya aktivitas keagamaan dari individu maupun kelompok keagamaan. Dari hal tersebut, pendekatan historis sangat berguna bahkan dalam membantu para sosiolog dalam mengetahui evolusi agama dan perkembangan tipologi kelompok agama.
DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, Dudung. (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner (Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006).
Abdullah, Amin. Islamic Studiaes (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012) hlm.
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, cet. X , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006, hlm. 46.
Atho Mudzhar, Pendekatan Studi Islam: teori dan Praktek (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998), hlm. 23.
Basri, Metodologi Penelitian Sejarah (Jakarta: Restu Agung, 2006), hlm. 76.
Chair, Tholhatul. dan Fanani, Alwan. (ed.), Islam dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Gracia, Jorge J. E.. a Theory of Textuality: the Logic and Epistemology (New York: State University of New York Press, 1995).
Hasan Usman, terj. Muin Umar dkk. Metodologi Penelitian Sejarah (Jakarta: Departemen Agama RI, 1986)
Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003)
Rahman, Fazlur. “Pendekatan terhadap kajian Islam dalam Studi Agama” dalam Richard C. Martin, Pendekatan Kajian Islam dan Studi Agama (Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2002).
http://msitadriskimia.blogspot.co.id/2010/09/berbagai-pendekatan-studi-islam-i.html#sthash.RvCBAWXi.dpuf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar